Comscore Tracker

Bengkulu Dikocok Gempa M 4,9, Terasa Sampai ke Lampung 

BMKG minta warga tak panik

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi terjadi di Bengkulu Selatan. Berdasarkan keterangan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi di Bengkulu Selatan ini berkekuatan magnitudo 4,9.

Pernyataan tersebut disampaikan BMKG dalam laman resminya, seperti dikutip IDN Times, Senin (23/5/2022). BMKG juga menginformasikan gempa di Bengkulu Selatan dalam cuitan Twitter-nya.

"Pusat gempa berada di laut 25 km barat daya Bengkulu Selatan," sebut BMKG dalam keterangannya.

1. Gempa terasa sampai Lampung Barat

Bengkulu Dikocok Gempa M 4,9, Terasa Sampai ke Lampung google

Lebih lanjut, BMKG menyebut, gempa yang terjadi di Bengkulu terjadi pukul 19.32 WIB. Pusat gempa berada di koordinat 4,61 derajat Lintang Selatan dan 102,75 derajat Bujur Timur. Pusat gempa berada di kedalaman 41 km. Gempa dirasakan di beberapa wilayah.

Gempa dirasakan dalam skala MMI IV di Manna, Argamakmur, dan Lampung Barat. Getaran dengan skala lebih kecil yakni III-IV MMI dirasakan di Kepahiang dan Kota Bengkulu.

Sejauh ini belum ada laporan mengenai dampak kerusakan dan korban akibat gempa ini.

Baca Juga: BMKG: Terjadi 33 Kali Gempa Susulan Setelah Gempa Banten

2. BMKG minta masyarakat tetap tenang

Bengkulu Dikocok Gempa M 4,9, Terasa Sampai ke Lampung Ruang pengamatan cuaca BMKG (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Litman dalam keterangannya mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo Australia yang menunjam ke Lempeng Eurasia.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Litman.

Hingga pukul 19.48 WIB, lanjut Litman, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Litman.

Baca Juga: Lubuk Basung Sumbar Diguncang Gempa M 4,7 Dini Hari

3. Gempa tidak berpotensi tsunami

Bengkulu Dikocok Gempa M 4,9, Terasa Sampai ke Lampung Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa di Bengkulu ini dirasakan di wilayah Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Lampung Barat, Provinsi Lampung, dengan Skala Intensitas IV MMI.

Lalu, di Kabupaten Kepahiang, Kota Bengkulu, dengan Skala Intensitas III - IV MMI.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya