Comscore Tracker

Car Free Day Jakarta 22 Mei, Polisi Alihkan Arus Lalu Lintas

Akan ada 6 titik car free day Jakarta yang dibuka kembali

Jakarta, IDN Times - Car free day (CFD) di Jakarta akan kembali digelar pada Minggu, 22 Mei 2022. Kegiatan CFD sedianya akan mulai diberlakukan mulai pukul 06.00 - 10.00 WIB.

Kepastian kegiatan car free day dibuka kembali pada 22 Mei 2022, setidaknya diumumkan langsung di akun Instagram Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta, seperti disitat IDN Times, Sabtu (21/5/2022).

"Dalam rangka meningkatkan kualitas udara di Jakarta, kini Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day akan kembali dilaksanakan mulai Minggu, 22 Mei 2022, pukul 06.00 – 10.00 WIB,” tulis akun Instagram Pemprov DKI Jakarta.

1. Enam lokasi car free day di Jakarta 22 Mei 2022

Car Free Day Jakarta 22 Mei, Polisi Alihkan Arus Lalu Lintas(Foto hanya ilustrasi) Suasana Car Free Day (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Dalam keterangannya, ada enam titik atau lokasi yang akan menjadi lokasi HBKB atau car free day di Jakarta.

Pertama, yakni Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin (Patung Arjuna Wijaya sampai Patung Pemuda Membangun).

Kedua, Jalan Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun sampai CSW), Jakarta Selatan.

Ketiga, Jalan Tomang Raya (Simpang Tomang sampai Business Hotel Tomang), Jakarta Barat.

Keempat, Jalan Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton sampai GOR Sunter), Jakarta Utara.

Kelima, Jalan Suryo Pranoto (Simpang Harmoni sampai Simpang RSUD Tarakan), Jakarta Pusat.

Dan keenam, Jalan Pemuda (Simpang Arion sampai Simpang TU-Gas), Jakarta Timur.

Baca Juga: Car Free Day Jakarta Dibuka Lagi, Cek Enam Lokasinya di Sini

2. Polisi siapkan rekayasa lalu lintas

Car Free Day Jakarta 22 Mei, Polisi Alihkan Arus Lalu LintasKawasan Bundaran HI ramai pesepeda di tengah pandemik (IDN Times/Aryodamar)

Terkait penyelenggaraan car free day di Jakarta, besok, Kepolisian melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan yang menjadi titik HBKB.

"Iya pengalihan arus sudah kita siapkan," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Jamal Alam dalam keterangannya, Sabtu (21/5/2022).

Pengalihan arus yang pertama yaitu di titik HBKB Sudirman-Thamrin. Kendaraan yang melintas dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan MH Thamrin akan diluruskan ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan. Sedangkan arus dari Jalan H. Agus Salim menuju MH Thamrin akan dibelokkan ke Jalan Kebon Sirih.

Kedua, HBKB di Tomang Raya dan Suryopranoto. Kendaraan yang akan menuju Tomang Raya dari Jalan Ir Juanda nantinya akan dibelokkan ke arah Jalan Hasyim Ashari. Begitu juga dengan yang mengarah ke Tanah Abang.

Baca Juga: Pembukaan Car Free Day Jakarta Tergantung Kondisi Kasus COVID-19

3. Lalu lintas seputar Rawamangun dan Danau Sunter juga dialihkan

Car Free Day Jakarta 22 Mei, Polisi Alihkan Arus Lalu LintasKawasan Sudirman-Thamrin ramai pesepeda di tengah pandemik COVID-19 (IDN Times/Aryodamar)

Jamal juga mengatakan, untuk titik HBKB di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, untuk kendaraan dari arah Bekasi menuju Jalan Pemuda akan diteruskan ke arah Terminal Pulogadung.

Kepolisian nantinya akan menutup beberapa ruas jalan yang mengarah ke Simpang Pemuda. "Dari Jalan Pramuka ke Jalan Pemuda akan kami alihkan ke kanan ke arah Jalan Ahmad Yani, dan dari Jalan Ahmad ke Pramuka akan di luruskan ke arah Cililitan," kata dia.

Terakhir, HBKB di Danau Sunter, kepolisian akan melakukan pengalihan arus lalu lintas mulai dari Simpang Karya Beton sampai dengan GOR Sunter.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya