Catat, Ini 5 Rute Baru TransJakarta Mulai Berlaku Senin 20 Juni 

Salah satunya rute Pasar Minggu - Tanah Abang

Jakarta, IDN Times - TransJakarta siap menambah lima rute baru pada Senin (20/6/2022) mendatang. Kelima rute tersebut sengaja dihadirkan untuk memudahkan mobilitas masyarakat.

Hal itu ditegaskan Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transjakarta, Anang Rizkani Noor, dalam keterangannya yang diterima, Sabtu (18/6/2022).

Lantas, mana saja kelima rute baru TransJakarta tersebut?

1. Lima rute baru TransJakarta siap layani pelanggan

Catat, Ini 5 Rute Baru TransJakarta Mulai Berlaku Senin 20 Juni IDN Times

Menurut Anang, kelima rute baru TransJakarta tersebut yakni Pluit - Senen (12B), Harmoni - JIS (JIS3), Senen - Lebak Bulus (6H), Stasiun Manggarai - UI (4B) dan Pasar Minggu - Tanah Abang (9D).

“Penambahan rute sebagai bentuk peningkatan layanan kepada pelanggan,” kata dia, Sabtu (18/6/2022).

Katanya, kawasan rute-rute tambahan itu dianggap makin ramai seiring dengan mulai berangsurnya kehidupan masyarakat yang makin normal.

Baca Juga: Bus Terjebak di Gang Sempit, Transjakarta Apresiasi Warga Pademangan 

2. Penyesuaian jam layanan TransJakarta

Catat, Ini 5 Rute Baru TransJakarta Mulai Berlaku Senin 20 Juni Ilustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Rochmanudin)

Penambahan rute ini, dikatakan Anang, bertujuan mampu memudahkan mobilitas masyarakat, khususnya mereka yang kerap beraktivitas dengan menggunakan transportasi umum.

Di samping menambah lima rute, ada penyesuaian jam layanan di dua rute. Seperti, Senen - Lebak Bulus (6H) dan Stasiun Manggarai - UI (4B).

Kedua rute itu siap beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00-22.00 WIB. Selanjutnya, seiring dengan adanya pemeliharaan taman dan fasilitas di Tebet Eco Park, maka rute Stasiun Cawang - Tebet Eco Park dinonaktifkan sementara hingga pengerjaan selesai dilakukan.

"Semua penyesuaian tersebut efektif diberlakukan mulai Senin, 20 Juni 2022,” ujar dia.

Baca Juga: Transjakarta Sediakan 4 Rute ke Jakarta Fair JIExpo Kemayoran

3. Penumpang TransJakarta perlahan mulai kembali normal

Catat, Ini 5 Rute Baru TransJakarta Mulai Berlaku Senin 20 Juni Transjakarta sediakan empat layanan bus dari stasiun Tanah Abang ke stasiun KRL lainnya. (dok. Humas Transjakarta)

Jumlah penumpang bus TransJakarta perlahan belakangan memang terus membaik. Peningkatan tren positif jumlah pelanggan ini sejalan lurus dengan pelonggaran kebijakan PPKM dan masa transisi dari pandemi yang diputuskan Pemerintah.

Sebelumnya, Operation and Safety Director PT TransJakarta, Yoga Adiwinarto, mengatakan saat ini pelanggan sudah mencapai 65 persen dari total capaian penumpang pra pandemi. Angka itu jauh lebih baik ketimbang moda-moda angkutan umum lain seperti MRT dan LRT.

Sekadar diketahui, pada keadaan normal sebelum pandemi, jumlah penumpang angkutan dengan jargon Connecting the Life of Jakarta itu bisa mengangkut 1 juta orang per hari.

"Kalau lihat data, pelanggan kita itu sekarang sudah 65 persen dari total pra pandemi. Kita masih lebih happy ya. Mungkin moda-moda lain seperti MRT dan LRT masih di bawah itu. Sementara KRL kelihatannya juga sudah cukup naik," kata Yoga di Jakarta, Kamis (9/6/2022) lalu.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya