Daftar Wilayah Diterjang Banjir Pekan Ini: Dari Aceh hingga Sukabumi

Ada 3 orang tewas di Bangli, Bali

Jakarta, IDN Times - Banjir menyapa sejumlah wilayah di Tanah Air pekan ini. Tercatat banjir terjadi mulai dari Aceh, Sukabumi, Tangerang Selatan, hingga Trenggalek. Tingginya curah hujan menjadi penyebab utama banjir menggenangi sejumlah wilayah tersebut.

Dalam tulisan ini, redaksi IDN Times akan merangkum catatan banjir yang menerjang sejumlah wilayah di Indonesia. Wilayah mana saja?

1. Banjir menggenangi ratusan rumah di Aceh

Daftar Wilayah Diterjang Banjir Pekan Ini: Dari Aceh hingga SukabumiIlustrasi banjir. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Salah satu wilayah yang tergenang banjir pada pekan ini adalah Aceh Timur dan Aceh Utara. Di wilayah Aceh Timur, banjir menyebabkan ratusan rumah tergenang.

Warga di sejumlah wilayah seperti Kecamatan Pante Bidari, Punaron, Birem Bayeun, dan Indra Makmur, terpaksa mengungsi.

Sedangkan untuk kawasan Aceh Utara, dalam catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh per Jumat (7/10/2022), disebut ada 41.120 orang mengungsi akibat banjir.

"Namun bencana tersebut tak sampai menimbulkan korban jiwa," sebut laporan BPBD setempat disitat Antara.

Baca Juga: Penjual Gorengan di Ciamis Hilang Terseret Arus Banjir

2. Sejumlah titik di Tangsel dan Sukabumi ikut disapa banjir

Daftar Wilayah Diterjang Banjir Pekan Ini: Dari Aceh hingga SukabumiWarga memindahkan barang berharga dari genangan banjir di Desa Pasi Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Minggu (17/11/2019). Tingginya intensitas hujan sejak sepekan terakhir menyebabkan ratusan rumah warga dan ratusan hektar perkebunan di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Utara, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Tengah, Bireun, Aceh Barat, dan Kota Langsa terendam banjir dengan ketinggian 20 sampai 130 cm. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/pd.

Bukan cuma di Aceh, dalam catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir juga menerjang sejumlah titik di Tangerang Selatan (Tangsel). Tercatat pada Rabu (5/10/2022), ada 1.252 rumah di Tangsel yang terendam banjir.

Adapun banjir tersebut terjadi di enam kelurahan di Kota Tangsel, Provinsi Banten.

Sementara untuk wilayah Sukabumi, banjir dan tanah longsor terjadi di 22 daerah di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (7/10/2022).

Bencana antara lain terjadi di bagian wilayah Kecamatan Cibereum dan Lembursitu.

Baca Juga: Puluhan Wisatawan Asing Korban Banjir di Seminyak Dievakuasi, Ada Balita

3. Tiga orang tewas di Bangli

Daftar Wilayah Diterjang Banjir Pekan Ini: Dari Aceh hingga SukabumiIlustrasi banjir bandang (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Selain itu, banjir bandang juga terjadi di 6 kecamatan di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (8/10/2022). Bencana itu menyebabkan permukiman warga tergenang dan memaksa puluhan keluarga mengungsi. Walau begitu, tak ada korban jiwa dalam banjir bandang di Trenggalek.

Di satu sisi, tanah longsor terjadi di Kabupaten Bangli, Bali. Bencana alam itu menyebabkan 3 orang meninggal dunia, 3 orang terluka, dan 3 kendaraan bermotor tertimbun longsoran tanah.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya