Duet Ganjar-Erick Dinilai Bakal Pikat Generasi Muda

Jokowi dinilai juga ikut mendukung keduanya

Jakarta, IDN Times - Nama pasangan duet Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir belakangan terus ramai disuarakan sejumlah kalangan untuk maju dalam kontestasi pemilihan presiden di 2024 mendatang.

Bahkan, menurut Pengamat Politik Surokim Abdussalam, duet Ganjar-Erick dinilai bakal mampu meraih hati pemilih kelompok generasi muda. Apa alasannya?

1. Arus media sosial besarkan nama Ganjar-Erick

Duet Ganjar-Erick Dinilai Bakal Pikat Generasi MudaMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Kata Surokim, duet Ganjar-Erick menjadi tinggi berkat terpaan di media sosial yang tinggi. Baik Ganjar Pranowo maupun Erick Thohir menggunakan arus media sosial untuk menumbuhkan dukungan.

Hal ini pula yang dianggap telah menuai dukungan para pemilih generasi muda.

“Itu yang mendorong keduanya mendapatkan respons positif, apalagi di era digital seperti ini, platform komunikasi politik sudah muda bergeser, kekuatan milenial yang 53 persen itu dibaca Pak Ganjar dan Pak Erick,” ujar Surokim yang juga Akademisi di Universitas Trunojoyo, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga: Relawan Mak Ganjar Zikir Doakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden

2. Dukungan akar rumput juga dinilai besar

Duet Ganjar-Erick Dinilai Bakal Pikat Generasi MudaGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo cukur gundul yang disaksikan secara virtual. (IDN Times/Humas Pemprov Jateng)

Bukan cuma itu saja, menurut Surokim, sokongan duet Ganjar-Erick tak cuma datang dari sosial media, melainkan juga cukup meraih respons baik di masyarakat akar rumput.

Keduanya juga tercatat memiliki elektabilitas cukup. Di mana, dukungan demi dukungan pun berdatangan untuk pasangan Ganjar-Erick. Bukan hanya dukungan masyarakat, dukungan elite pun turut merestui kandidasi Ganjar-Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Dinilai Layak Jadi Ketum PSSI

3. Jokowi dinilai mainkan panggung belakang

Duet Ganjar-Erick Dinilai Bakal Pikat Generasi MudaPresiden Jokowi rapat dengan sejumlah pemimpin lembaga (dok. Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo disebut memberikan dukungan untuk pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

Hal itu, kata dia, terbukti dari berbagi tugas dinas, baik Ganjar dalam lingkup Jawa Tengah dan Erick Thohir dalam menjalankan tugas sebagai menteri dan mendapat kepercayaan untuk melakukan berbagai tugas penting serta strategis.

“Pak Jokowi akan memainkan panggung belakang, dan hampir semua orang tahu, Pak Erick punya tugas-tugas yang cukup signifikan terhadap tugas khususnya presiden,” katanya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya