Comscore Tracker

Gunung Semeru Erupsi, Begini Situasi Terbaru Penerbangan di Jatim

Gunung Semeru telah berstatus awas

Jakarta, IDN Times - Gunung Semeru yang terletak di Jawa Timur erupsi. Status gunung berapi itu telah dinaikkan menjadi level awas, usai makin tingginya aktivitas vulkanis pada hari ini.

Salah satu hal yang kerap dipertanyakan publik adalah apakah erupsi Gunung Semeru sejauh ini sudah mengganggu penerbangan?

1. Sejauh ini Bandara Juanda beroperasi normal

Gunung Semeru Erupsi, Begini Situasi Terbaru Penerbangan di JatimIlustrasi masyarakat melakukan perjalanan luar kota (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Stakeholder Relation Manager AP I Juanda Yuristo mengatakan, sejauh ini penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya masih normal.

"Info dari teman-teman Apron Movement Controller (AMC) per jam 16.11 WIB tak ada penerbangan yang terdampak. Bandara Juanda beroperasi normal," kata dia disitat Antara, Minggu (4/12/2022).

2. AirNav Indonesia keluarkan peringatan

Gunung Semeru Erupsi, Begini Situasi Terbaru Penerbangan di JatimFoto udara Guguran awan panas Gunung Semeru terlihat dari Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Sementara itu Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi dalam keterangannya mengatakan pihaknya sudah mengeluarkan peringatan ASHTAM No. VAWR3537 untuk wilayah yang terdampak erupsi yaitu Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Bandara Abdurahman Saleh Malang.

"Berdasarkan hasil koordinasi dan pemeriksaan sementara di lokasi tersebut, kondisi personel, bangunan, fasilitas navigasi penerbangan dalam kondisi aman, termasuk landasan pacu untuk aktivitas take off maupun pendaratan pesawat," kata dia.

Baca Juga: Awas! Luncuran Awan Panas Gunung Semeru Sudah Sampai Gladak Perak

3. Status awas Gunung Semeru

Gunung Semeru Erupsi, Begini Situasi Terbaru Penerbangan di JatimGunung Semeru (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Dia mengatakan hingga pukul 13.30 WIB oprasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh berjalan normal.

"Personel Cabang Surabaya dan Malang terus bersiaga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan lain erupsi, terlebih Jatim merupakan salah satu wilayah yang cukup sering diguncang gempa, erupsi dan awan panas," ujar dia.

Pada Minggu sekira pukul 12.00 WIB, PVMBG telah menaikkan status Gunung Semeru menjadi awas. Sejauh ini gunung berapi tersebut sudah secara intens menyemburkan awan panas guguran, bahkan mencapai 1.500 meter di atas puncak, dan tercatat sudah mengalami delapan kali gempa.

Baca Juga: Gunung Semeru Awas! 1.979 Jiwa Mengungsi

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya