Comscore Tracker

Hujan Deras, Banjir dan Pohon Tumbang Terpantau di Jaksel

Ketinggian banjir bervariasi

Jakarta, IDN Times - Sederet titik genangan banjir nampak terlihat usai hujan deras melanda Jakarta. Hal itu setidaknya terlihat di kawasan Jakarta Selatan.

Salah satu titik banjir yang nampak siang ini adalah kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Seperti disitat dari laporan sejumlah pengendara di akun JktInfo, dikutip Sabtu (5/11/2022), banjir terjadi saat hujan deras melanda siang tadi.

1. Kesaksian pengendara di banjir Kemang

Hujan Deras, Banjir dan Pohon Tumbang Terpantau di JakselIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Salah seorang pengendara Renfist Jendi, menyebut banjir di kawasan Kemang yang dipotretnya terjadi ketika dirinya sedang berteduh. "Nungguin hujan reda malah kejebak banjir, eh malah makin parah. Udah berasa di pantai main ombak," katanya seperti dikutip dari akunnya @resfistjendi.

Senada, juga disampaikan akun @enjun.ae saat berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. "Badai," katanya seraya menampilkan banjir di kawasan tersebut.

Selain di kawasan Kemang, titik genangan banjir juga terpantau di Jalan Fatmawati, tepatnya di depan persimpangan ITC Fatmawati. Kawasan tersebut juga memang menjadi langganan banjir jika hujan turun. Alhasil, banyak pengendara sepeda motor yang mengalami mogok akibat nekat menerobos genangan.

Baca Juga: Hujan Lebat dan Angin Kencang, Semarang Panen Pohon Tumbang dan Banjir

2. Banyak pohon tumbang di Kalibata

Hujan Deras, Banjir dan Pohon Tumbang Terpantau di JakselIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain banjir, hujan deras juga menyebabkan banyak pohon tumbang di Jakarta Selatan. Seperti yang terjadi di kawasan Kalibata, Jaksel.

Bukan cuma air sungai yang meluap, namun pemandangan pohon tumbang juga nampak menutupi ruas jalan di Kalibata, tepatnya di kompleks DPR.

Dari informasi yang dihimpun, ada sejumlah kendaraan yang mogok akibat banjir tersebut.

Baca Juga: Hujan Deras, 4 RT di Jakarta Terendam Banjir hingga Setengah Meter

3. BPBD turun tangan monitor banjir dan pohon tumbang

Hujan Deras, Banjir dan Pohon Tumbang Terpantau di JakselIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, dalam keterangannya mengatakan ada 10 ruas jalan yang tergenang banjir akibat hujan deras yang melanda ibu kota hari ini. Banjir terpantau terlihat mulai dari Seskoal, Jalan Dharmawangsa, Haji Nawi, hingga Jalan Kemang Raya.

Adapun ketinggian bervariasi, mulai dari 30 cm sampai 50 cm. "BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat," katanya.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat."

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya