Jokowi Fokus Genjot SDM, Akademisi: Demi Hadapi Persaingan Global

Jokowi dinilai tengah fokus kembangkan peningkatan SDM

Jakarta, IDN Times - Pemerintahan Joko 'Jokowi' Widodo belakangan dinilai sangat serius mendorong program-program untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa. Hal ini dianggap selaras dengan upaya Jokowi membangun masa depan Indonesia melalui SDM yang mumpuni.

Akademisi Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan Jakarta, Uki Masduki menyatakan, kualitas SDM bakal sangat mempengaruhi kemajuan bangsa.

Baca Juga: Jokowi Resmi Suntik Modal Rp7,5 Triliun ke Garuda Indonesia   

1. Bisa menumbuhkan masa depan Indonesia lebih baik

Jokowi Fokus Genjot SDM, Akademisi: Demi Hadapi Persaingan GlobalIlustrasi anak-anak (IDN Times/Ayu Afria)

Sehingga dengan digalakannya program-program pengembangan SDM, Jokowi dinilai bisa menumbuhkan rasa optimistis masa depan Indonesia yang lebih baik.

“Tentu dengan terus digalakkanya program peningkatan SDM oleh pemerintah (Jokowi) menumbuhkan rasa optimisme akan masa depan Indonesia yang lebih maju,” ujar Uki, Minggu (4/11/2022).

2. SDM jadi prioritas usai infrastruktur

Jokowi Fokus Genjot SDM, Akademisi: Demi Hadapi Persaingan GlobalIlustrasi kegiatan belajar mengajar siswa-siswi SMA. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Uki kemudian memuji strategi Jokowi dalam mempersiapkan masa depan Indonesia. Setelah sukses membangun pemerataan infrastruktur di seluruh wilayah, kini Jokowi terus mendorong agar SDM Indonesia siap berkontestasi pada wilayah global.

“Saya rasa kepemimpinan Presiden Jokowi pada periode saat ini mulai mengarah ke SDM. Meningkatkan kapasitas masyarakat agar SDM unggul. Sehingga melahirkan generasi yang siap menghadapi persaingan global,” kata Uki.

Baca Juga: Jokowi Harap Tak Ada Politik Adu Domba di Pemilu 2024

3. KIP adalah langkah baik

Jokowi Fokus Genjot SDM, Akademisi: Demi Hadapi Persaingan GlobalGoogle

Tekad Jokowi melahirkan generasi emas Indonesia, kata dia, ditunjukkan dengan terus digalakkannya pemerataan pendidikan. Beasiswa seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) menjadi kunci Jokowi agar seluruh masyarakat Indonesia bisa meraih pendidikan. Hal tersebut dapat memacu percepatan pengembangan SDM masyarakat.

“Program KIP itu langkah baik perlu kita apresiasi. Banyak masyarakat yang terbantu. Di desa-desa banyak masyarakat terbantu karena program KIP itu. Insya allah pendidikan layak adalah pintu menuju SDM unggul,” katanya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya