Libur Waisak Pengunjung Tembus 39 Ribu, Ancol Happy: Alhamdulillah! 

Pengunjung Ancol paling ramai ada di pukul 10.00 - 13.00

Jakarta, IDN Times - Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, menjadi salah satu kawasan yang ikut ketiban rezeki saat libur Waisak tiba, Senin (16/5/2022). Bagaimana tidak, Ancol mencatat jumlah kunjungan di hari libur keagamaan seperti hari ini, cukup tinggi.

Dari data yang disampaikan pihak Ancol, sampai sore tadi saja, ada sekira 39 ribu pengunjung yang memanfaatkan libur Waisak untuk berlibur ke sana.

Untuk diketahui, Ancol saat ini memang tengah menggelar rangkaian Festival Raya Gembira 2022. Acara ini menampilkan beragam keseruan, seperti pertunjukan musik (live music) dan kuliner.

1. Pihak Ancol bersyukur pengunjung libur Waisak tinggi

Libur Waisak Pengunjung Tembus 39 Ribu, Ancol Happy: Alhamdulillah! Sejumlah wisatawan antre untuk memasuki tempat wisata Ancol Jakarta, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, salah satunya wisata Ancol yang diperuntukan khusus bagi warga ber-KTP DKI Jakarta dan membatasi jumlah wisatawan dengan kapasitas 30 persen (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Corporate Communication PT Taman Impian Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho mengatakan, kunjungan di libur Waisak memang tak setinggi pada hari Minggu (15/5/2022) kemarin. Sebab untuk total kunjungan kemarin, tercatat tembus hingga 50 ribu pengunjung.

Walau begitu, pihak Ancol tetap mengaku bersyukur atas capaian kunjungan hari ini. "Alhamdulillah, hari ini per jam 15.00 sore, ada 39 ribu kunjungan. Kemarin (15/5/2022) lebih ramai, ada sebanyak 50 ribu orang pengunjung yang tersebar di seluruh unit rekreasi Ancol," katanya dikutip Antara.

Menurut Eko, jika diambil rata-rata pengunjung selama libur panjang di tiga hari terakhir, maka rata-rata kunjungan mencapai 39.333 pengunjung tiap harinya.

Baca Juga: Ditaksir Rp100 M, 10 Potret Rumah Mewah Jennifer Jill di Ancol

2. Jam favorit pengunjung Ancol ramai

Libur Waisak Pengunjung Tembus 39 Ribu, Ancol Happy: Alhamdulillah! Ilustrasi pantai Ancol (ANTARA FOTO/ Reno Esnir)

Pada kesempatan itu, Eko kemudian menyinggung waktu favorit para pengunjung Ancol. Kata dia, biasanya jam ramai puncak di lokasi wisata utara Jakarta itu, ada pada pukul 10.00 sampai pukul 13.00 WIB.

Hal yang sama juga terlihat di Ancol pada saat libur Waisak seperti hari ini.

Adapun tempat-tempat yang menarik perhatian pengunjung di antaranya, area pantai, Symphony of The Sea di area Timur, Pasar Seni, hingga Pantai Festival.

"Umumnya, kalau sudah lewat jam tersebut, pengunjung berangsur-angsur mulai stabil kembali," kata Eko.

Baca Juga: Jumlah Penonton Formula E di Ancol Belum Final, Berapa Kisarannya?

3. Pemerintah longgarkan aturan wisata

Libur Waisak Pengunjung Tembus 39 Ribu, Ancol Happy: Alhamdulillah! (Libur Nasional dan Cuti bersama dimanfaatkan warga Jakarta untuk bertamasya ke Ancol dan hingga Kamis (29/10) pukul 14.00 WIB pengunjung Ancol mencapai 23.000 orang) ANTARA FOTO/ Reno Esnir

Besarnya total kunjungan beberapa kawasan wisata termasuk Ancol memang merupakan imbas dari pelonggaran aturan PPKM. Walau begitu, manajemen Ancol mengaku tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kuota kunjungan saat ini masih tetap mengikuti peraturan, yakni dibatasi pada 75 persen dari batas maksimal. Selain itu, tiket masuk Ancol juga hanya bisa dibeli H-1 sebelum kunjungan, melalui daring.

Pengunjung juga diimbau untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk ke Pintu Gerbang Ancol. Petugas nantinya akan mewajibkan pengunjung memindai kode batang (barcode) yang tersedia lewat aplikasi tersebut.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya