Comscore Tracker

Pilot Belum Ditemukan, Polri Perluas Area Pencarian Helikopter Jatuh

Tiga jenazah sudah ditemukan

Jakarta, IDN Times - Proses pencarian helikopter NBO 105-1103 milik Baharkam Mabes Polri yang jatuh di perairan Manggar, Belitung Timur, diperluas.

Diketahui hingga kini keberadaan pilot helikopter belum juga ditemukan. Sedangkan tiga jenazah kru lainnya sudah ditemukan.

1. Pencarian diperluas hingga radius 16,5 mil laut dari titik jatuh

Pilot Belum Ditemukan, Polri Perluas Area Pencarian Helikopter JatuhPencarian helikopter jenis BO-105 P 1103 milik Polairud yang lost contact di Perairan Manggar Kab. Belitung Timur. (dok. Basarnas)

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyono mengatakan, area pencarian kini diperluas hingga radius 16,5 mil laut dari titik diduga jatuhnya helikopter yang diawaki empat kru tersebut.

"Berbagai kemungkinan kami lakukan dan teman-teman SAR di lokasi pencarian sudah mempersiapkan segala sesuatunya," kata Arief disitat Antara, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Jenazah Briptu Lasminto, Kopilot Helikopter Polri yang Jatuh di Babel Ditemukan

2. Dasar pertimbangan perluas area pencarian

Pilot Belum Ditemukan, Polri Perluas Area Pencarian Helikopter JatuhPencarian helikopter jenis BO-105 P 1103 milik Polairud yang lost contact di Perairan Manggar Kab. Belitung Timur. (dok. Basarnas)

Arief mengatakan, pertimbangan perluas lokasi pencarian didasarkan pada temuan jenazah tiga kru helikopter atas nama Aipda Joko Modu selaku kopilot pelaksana yang ditemukan nelayan di Perairan Manggar pada posisi 03 02' 57,1 Lintang Selatan.

Begitu pula dari hasil analisa menggunakan peralatan bantuan dari TNI AU yang mengerahkan pesawat CN-295, serta peralatan sonar bantuan dari TNI AL berupa KRI Spica-646 dan helikopter Polri yang menemukan kemungkinan lokasi helikopter jatuh.

"Tim sudah menemukan kemungkinan-kemungkinan heli jatuh ditambah dengan temuan-temuan kepingan pesawat, kemungkinan dengan adanya arus dan angin, seperti ditemukan jenazah kru ketiga sudah bergeser sejauh 16,5 mil dari tempat kejadian ditemukan kemungkinan tempat jatuhnya," kata Arief.

Baca Juga: Helikopter Jatuh di Babel, Jenazah Teknisi Ditemukan Nelayan

3. Tiga jenazah sudah ditemukan

Pilot Belum Ditemukan, Polri Perluas Area Pencarian Helikopter Jatuhilustrasi kecelakaan helikopter (IDN Times/Aditya Pratama)

Hingga Rabu malam, sudah ada tiga jenazah kru helikopter yang ditemukan. Artinya masih ada sisa satu jenazah lagi atas nama AKP Arif Rahman Saleh selaku pilot belum ditemukan.

Ketiga jenazah yang ditemukan adalah Bripda Muhammad Khoirul Anam selaku teknisi pelaksana ditemukan pada Senin (28/11). Kemudian Briptu Mochammad Lasminto selaku kopilot pelaksana ditemukan pada Selasa (29/11), serta jenazah ketiga atas nama Bripka Joko Mudo selaku teknisi pertama ditemukan pada Selasa (29/11) pukul 23.00 WIB.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya