Polda Metro Gelar Street Race Bantargebang, Persiapan Hampir Selesai

Persiapan street race Bantargebang yang nyaris 100 persen.

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya tak lama lagi bakal menggelar ajang balap jalanan alias street race di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. Kepastian itu secara langsung disampaikan Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Hengki.

Untuk diketahui, ajang street race yang digelar Polda Metro di Bantargebang, Bekasi ini, merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan balap jalanan yang sebelumnya dihelat di Ancol dan kawasan BSD, Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.

Menurut Kombes Pol Hengki, street race di Bantargebang sedianya akan dilakukan pada bulan Mei ini, atau paling lambat awal Juni 2022 mendatang. Adapun seluruh kegiatan didukung penuh oleh Kepolisian.

"Mohon doanya, dalam waktu dekat akan digelar. Untuk lokasi, akan berlangsung di Bantargebang. Lokasi insya allah hampir selesai. Karena kemarin ada tambah jalur untuk tempat start-nya kurang lebih 50 meter," ujar Kapolres, Rabu 11 Mei 2022.

Baca Juga: Ratusan Personel Kepolisian Amankan Street Race di Ancol 

1. Persiapan street race Bantargebang hampir 100 persen

Polda Metro Gelar Street Race Bantargebang, Persiapan Hampir SelesaiIMI apresiasi kegiatan street race yang digelar Polda Metro. Foto: Tribrata Polri

Baca Juga: Street Race Polda Metro Jaya Dibuka untuk 350 Peserta

Walau belum memastikan kapan ajang balap jalanan ini digelar, tetapi Hengki memberi keyakinan bahwa acara ini akan berlangsung dalam waktu dekat. Berbagai persiapan hingga kini masih terus dikebut termasuk jalur yang akan dipakai. Di kesempatan itu, dia juga bilang, persiapan sudah hampir 100 persen.

Kegiatan ini digalakkan oleh Kepolisian sebagai bagian untuk menekan aksi balap liar di jalan yang kerap mengganggu banyak pihak. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang bakat sendiri bagi para remaja yang gandrung akan dunia otomotif sehingga bisa menyalurkan kemampuannya di saluran yang tepat.

Ajang street race yang digelar Polda Metro sendiri belakangan sangat diminati oleh banyak remaja. Terbukti dalam dua kegiatan terakhir, selalu mampu menyedot ratusan peserta. Seperti yang terjadi pada helatan di BSD, Tangerang, 22-24 April lalu. Terdapat 687 peserta pembalap motor dan mobil.

Baca Juga: Bukan di Boulevard, Lokasi Street Race Makassar Pindah ke CPI

2. Bukan cuma balapan, tapi ada banyak kegiatan

Polda Metro Gelar Street Race Bantargebang, Persiapan Hampir SelesaiKeseruan street race yang digelar Polda Metro. Foto: Tribrata.

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, ajang street race yang sedianya bakal berlangsung di Bantargebang bukan cuma akan dijadikan sebagai ajang balapan semata. Dia berharap kegiatan ini juga akan banyak diisi beragam aktivitas kreatif bagi para remaja milenial dan gen z.

Kegiatan yang dimaksud bisa saja diisi dengan kehadiran beragam UMKM yang dipasarkan para remaja, sampai pentas musik remaja sekolah.

"Karena sudah bukan bukan puasa, dan mudah-mudahan Covid-19 sudah sangat turun, nanti kami bisa kawinkan dengan UMKM, pentas seni, dan festival band antar-SMA," katanya.

3. Aturan balap street race

Dalam ajang balap jalanan alias street race ini, panitia tidak menetapkan siapa juara 1, 2, dan 3. Panitia membebaskan para peserta adu kecepatan seperti halnya yang mereka lakukan pada kegiatan balap liar.

Adapun jalurnya juga cukup pendek, yakni sekira 500 meter. Separuh digunakan untuk trek balap, sementara separuh lainnya dipakai untuk jarak pengereman.

"Kita memang tidak pakai juara 1, 2, 3 tapi kita menyediakan wadah, agar mereka bisa beradu cepat," katanya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya