Comscore Tracker

Rawan Serangan Udara, Panglima Janji Maksimalkan Alutsista Jaga IKN 

Pengamanan ibu kota baru akan diupayakan secara maksimal

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjamin pengamanan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menurut dia, pengamanan ibu kota baru negara itu akan diupayakan secara maksimal. Lebih jauh, Jenderal Andika menegaskan bakal memaksimalkan alat utama sistem senjata (alutsista) yang saat ini telah dimiliki untuk mendukung keamanan di Nusantara, nama ibu kota baru negara itu.

"Yang penting apa (alutsista) yang kami miliki kami berusaha untuk memaksimalkan gelar kami di sana," kata dia, di Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, seperti dikutip ANTARA, Rabu (25/5/2022).

1. Potensi gangguan di IKN Nusantara

Rawan Serangan Udara, Panglima Janji Maksimalkan Alutsista Jaga IKN Sejumlah pekerja menyelesaikan lahan yang akan menjadi lokasi Presiden Joko Widodo berkemah di titik nol kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Mengenai potensi ancaman gangguan dan serangan udara di Nusantara, Jenderal Andika mengaku sudah mengajukan pengadaan sistem persenjataan maupun penambahan kekuatan personel di kawasan itu.

"Tetapi yang jelas kan kita juga tidak mungkin mendapatkan dukungan secara ideal," ujar dia.

Maka itu, lanjutnya, yang akan dilakukan saat ini adalah memaksimalkan aset-aset TNI yang sudah ada. "Kalaupun yang baru belum ada kami akan geser, relokasi dari aset-aset kami di titik-titik yang yang ada," tutur dia.

Baca Juga: Luhut: IKN Nusantara Tak Akan Kalah dengan Dubai hingga Shenzen

2. Andika terima kasih pada Kemenhan

Rawan Serangan Udara, Panglima Janji Maksimalkan Alutsista Jaga IKN Nagara Rimba Nusa sebagai pemenang sayembara desain IKN (IDN Times/ Kemenkoinfo RI)

Meski masih banyak kekurangan, namun Andika berterima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan yang telah melakukan pengadaan alutsista semaksimal mungkin.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini mengatakan, pemerintah telah berusaha memberikan yang terbanyak sesuai kondisi keuangan negara yang ada.

"Yang jelas tidak ada pemerintah yang kemudian tidak berusaha maksimal dalam memberikan anggaran, termasuk pemerintah presiden saat ini," kata Andika di kesempatan berbeda.

Baca Juga: Luhut Sebut UEA Siapkan Rp292 Triliun untuk Investasi di IKN Nusantara

3. Rentan ancaman serangan udara dari luar

Rawan Serangan Udara, Panglima Janji Maksimalkan Alutsista Jaga IKN Ilustrasi alutsista TNI (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sebelumnya, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional, Andi Widjajanto, mengatakan, lokasi Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, rentan terhadap ancaman serangan udara dari luar.

"Secara geografis, Ibu Kota Nusantara memiliki kerentanan tinggi terhadap ancaman eksternal. Khususnya yang bersumber dari udara," kata dia, saat menyampaikan orasi ilmiah, di Lemhannas, Kamis (19/5/2022).

Maka itu, dia meminta agar kapasitas anti-access/area-denial (A2/AD) di sekitar Nusantara perlu diperkuat.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya