Ridwan Kamil Bahas Alasan Ilmiah Kenapa Jasad Eril Masih Lengkap 

Ridwan Kamil senang jasad anaknya tetap utuh

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkap alasan ilmiah mengapa jenazah sang anak Emmeril Kahn Mumtazd (Eril) masih utuh usai tenggelam selama 14 hari di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Kata Ridwan Kamil, dinginnya air di Sungai Aare membuat jenazah Eril setengah membeku. Hal itu disampaikan Ridwan Kamil, di Instagram Storynya, Jumat (10/6/2022). Ridwan Kamil juga mengaku baru saja selesai memandikan jenazah Eril di sebuah rumah sakit di Bern.

"Alhamdulillah, di rumah sakit Bern, sesaat setelah memandikan jenazah Eril," tulis Ridwan Kamil dengan mengunggah foto berdiri di depan rumah sakit, disitat IDN Times.

Baca Juga: Jenazah Emmeril akan Dimakamkan di Cimaung Kabupaten Bandung

1. Sungai Aare punya air sedingin kulkas

Ridwan Kamil Bahas Alasan Ilmiah Kenapa Jasad Eril Masih Lengkap Isi penjelasan Ridwan Kamil soal jasad Eril. Foto: Capture.

Ridwan Kamil lantas kembali memberi penjelasan soal jenazah anaknya yang utuh. Kata dia, salah satu penyebabnya adalah kondisi air di Sungai Aare.

"Penjelasan alamiah kenapa jasadnya masih utuh: Sungai Aare yang sedingin kulkas dan minim fauna, membuat jasadnya terjaga setelah membeku sehingga tetap utuh lengkap walau berada di dasar sungai selama 14 hari," tulis Ridwan Kamil.

Baca Juga: Polri Bantu Proses Pemulangan Jenazah Putra Ridwan Kamil dari Swiss

2. Kesaksian lengkap Ridwan Kamil

Ridwan Kamil Bahas Alasan Ilmiah Kenapa Jasad Eril Masih Lengkap Ridwan Kamil

Ridwan Kamil sebelumnya menuliskan catatan usai melihat langsung jenazah Eril. Emil mengucap hamdalah dan berterima kasih kepada Allah SWT.

"Akhirnya engkau memberikan kesempatan saya untuk kembali memeluk, membelai dan memandikan anak saya sesuai syariat Islam, juga mengadzankan dengan sempurna di telinganya persis seperti saat Eril lahir," katanya.

"Dan masya allah walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapi menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri," katanya.

3. Atalia berterima kasih pada banyak pihak yang membantu

Ridwan Kamil Bahas Alasan Ilmiah Kenapa Jasad Eril Masih Lengkap Atalia dan Eril saat menikmati suasana Swiss. Foto: IG Atalia.

Sementara itu, istri Ridwan Kamil, Atalia, mengucapkan rasa terima kasihnya atas segala perhatian publik yang telah membantu pencarian dan kepulangan Eril.

Terima kasih pula saya sampaikan kepada semua yang turut membantu dalam proses pencarian sampai kepulangannya; otoritas swiss, pemerintah RI, KBRI, keluarga, sahabat dan masyarakat serta semua yang turut membantu dan mendoakan dari berbagai belahan dunia.

"Alhamdulillah. Jazakumullahu khairan katsiran. Kekuatan ikhtiar dan doa memang maha dahsyat. Mohon doa agar diberi kelancaran dalam proses pemulangan A Eril ke Indonesia," katanya.

Topik:

  • Rendra Saputra
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya