Comscore Tracker

Tambah 1, Ini Update Jumlah Jemaah Haji Wafat dan Sakit di Tanah Suci

Ada 447 jemaah haji yang sakit di Tanah Suci

Jakarta, IDN Times - Jemaah haji yang wafat di Tanah Suci bertambah satu orang. Pihak panitia penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyebut, jemaah haji yang wafat tersebut bernama Subagi Darnoso Daud bin Darnoso.

Pria berusia 60 tahun itu merupakan jemaah haji asal embarkasi Solo. Menurut Juru Bicara PPIH Akhmad Fauzin, kini sudah ada 10 jemaah haji yang wafat di Tanah Suci.

"Jemaah wafat bertambah satu orang asal kloter 2 Embarkasi Solo (SOC 2)," ujar Akhmad Fauzin, seperti disitat situs resmi Kemenag, Jumat (24/6/2022).

1. Update jumlah jemaah haji wafat dan sakit

Tambah 1, Ini Update Jumlah Jemaah Haji Wafat dan Sakit di Tanah SuciIlustrasi jemaah haji (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Lebih lanjut, jika jumlah jemaah wafat di Arab Saudi ada 10 orang, Akhmad Fauzin juga merinci hingga kini ada 447 orang jemaah haji asal RI yang sakit.

Dari 447 tersebut, 302 jemaah di antaranya rawat jalan, 142 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan 3 orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

Baca Juga: Hipertensi Banyak Dialami Jemaah Haji, Ini Saran dari Kemenkes

2. Sudah ada 57 ribuan jemaah haji RI ke Tanah Suci

Tambah 1, Ini Update Jumlah Jemaah Haji Wafat dan Sakit di Tanah SuciIlustrasi jemaah haji. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Sementara itu, Akhmad Fauzin turut merinci, hingga kini sudah ada 57.100 jemaah haji reguler yang sudah diberangkatkan menuju Tanah Suci, baik mendarat di Madinah maupun Jeddah.

Sedangkan untuk jemaah haji khusus, ada 1.827 orang yang sudah tiba di Tanah Suci.

Baca Juga: Hamil Muda dan Sakit, Dua Jemaah dari NTB Gagal Berangkat Haji 

3. Ada 11 kloter yang siap diberangkatkan lagi ke Arab Saudi

Tambah 1, Ini Update Jumlah Jemaah Haji Wafat dan Sakit di Tanah SuciSalam perpisahan jemaah haji dengan keluarga di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam data, sedianya juga bakal diberangkatkan kembali 4.429 jemaah yang terbagi dalam 11 kloter ke Tanah Suci. Mereka berangkat dari tujuh embarkasi.

Masing-masing dua kloter berangkat dari Embarkasi Jakarta – Bekasi/JKS (820), Solo/SOC (720), Surabaya/SUB (900), dan Makassar/UPG (786). Selain itu, masing-masing satu kloter dari Embarksi Balikpapan/BPN (360), Batam/BTH (450), dan Lombok/LOP (360).

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya