Viral Dua Polantas Hampiri Pengendara Mobil ke Hotel, Berujung Debat 

Peristiwa itu terjadi di Aceh Utara

Jakarta, IDN Times - Jagat maya diramaikan dengan viralnya video dua polisi lalu lintas berseragam lengkap yang hendak memeriksa surat-surat kendaraan seorang pengendara mobil di depan penginapan.

Video itu menjadi viral, karena pengendara mobil tersebut coba merekam dan melakukan argumentasi panjang dengan kedua polisi yang tengah bertugas. Seperti apa peristiwa tersebut.

1. Berdebat soal plang tanda razia

Viral Dua Polantas Hampiri Pengendara Mobil ke Hotel, Berujung Debat Ilustrasi Tilang (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam video yang beredar viral itu, terlihat dua anggota Polantas coba memeriksa surat-surat kendaraan si pengendara mobil di depan penginapan. Tetapi seraya sambil melakukan perekaman, si pengendara mobil menolak pemeriksaan itu.

Dia justru meminta agar kedua polisi itu menunjukkan surat tugas. Dalam video terdengar si perekam mempertanyakan alasan polisi menghentikannya dan meminta surat-surat kendaraan.

Kedua polisi itu lalu menjelaskan sedang menggelar razia. Pengendara mobil tersebut meminta polisi menunjukkan surat perintah tugas. Dia juga mengaku berada di tempat parkir penginapan karena memang tengah menginap di sana, dan bukan pura-pura menghindari razia.

Kedua belah pihak lalu melakukan perdebatan mengenai plang tanda razia. Dari sana, kedua Polisi lalu meminta agar pengemudi tersebut datang ke pos razia untuk diperlihatkan surat tugas.

Baca Juga: Viral Warga Tak Pernah Ke Surabaya Dapat Surat Tilang, Ini Kata Polisi

2. Peristiwa itu terjadi di Aceh Utara

Viral Dua Polantas Hampiri Pengendara Mobil ke Hotel, Berujung Debat Ilustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Mendengar permintaan kedua polisi, si pengendara tak juga mengabulkannya. Dia bersikukuh agar polisi itulah yang membawa surat tugasnya di pos.

Tak lama usai melakukan perdebatan, kedua polisi itu meninggalkan lokasi dengan mengendarai motor.

Terkait hal ini, Kepolisian Aceh pun angkat suara. Dalam keterangan disitat NTMC Polri, Selasa (28/6/2022), Kasat Lantas Polres Aceh Utara AKP Adek Taufik mengatakan, peristiwa itu terjadi di depan terminal Lhoksukon, Aceh Utara.

Adapun kejadian itu berlangsung pada Jumat (24/6/2022) lalu. Saat itu, personel Satlantas Polres Aceh bersama provost dan polisi militer sedang menggelar razia dalam rangka operasi Patuh Seulawah 2022.

Baca Juga: Mahasiswi Terjaring Razia saat Ngamar Bareng Om-om di Hotel Tuban

3. Polisi sudah dilengkapi surat tugas dan papan razia

Viral Dua Polantas Hampiri Pengendara Mobil ke Hotel, Berujung Debat Ilustrasi penindakan. IDN Times/Mia Amalia

Pada kesempatan itu, AKP Adek Taufik juga menegaskan bahwa razia itu juga telah dilengkapi surat tugas dan papan razia.

Namun saat razia sedang berlangsung, diakui Polisi melihat ada satu unit mobil dari arah Banda Aceh menuju Medan secara tiba-tiba masuk ke salah satu penginapan.

Adapun lokasi penginapan itu ada sebelum papan razia. Menurut Taufik, seorang anggota polantas menghampiri pengemudi mobil tersebut karena merasa curiga dengan gerak-geriknya.

“Ketika anggota kita mendatangi kendaraan tersebut, saat menanyakan surat-surat kendaraan si pengendara telah siap dengan kamera yang terpasang dan langsung menanyakan surat perintah tugas pelaksanaan razia,” kata Taufik dalam keterangannya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya