Comscore Tracker

Wagub DKI: Wisata Monas Siap Dibuka Lagi Usai 2 Tahun Ditutup

Pemprov DKI akan membuka wisata Monas dalam waktu dekat

Jakarta, IDN Times - Kabar gembira bagi warga Jakarta dan sekitarnya, sebab setelah lama ditutup, kawasan wisata Monumen Nasional (Monas) di Gambir, Jakarta Pusat, akan segera dibuka kembali.

Sejauh ini, warga Jakarta dan sekitarnya sudah mulai diperbolehkan melakukan car free day (CFD), pada Minggu besok (22/5/2022), namun tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan. Ini disebutkan juga bagian dari sinyal kuat akan dibuka-nya kembali kawasan wisata Monas.

Kepastian wisata kawasan Monas akan dibuka kembali setidaknya disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada wartawan, Jumat (20/5/2022) malam.

1. Kawasan wisata Monas dibuka secara bertahap

Wagub DKI: Wisata Monas Siap Dibuka Lagi Usai 2 Tahun DitutupWagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Pada kesempatan pernyataannya di Balai Kota, Wagub DKI Ahmad Riza Patria mengatakan, pembukaan kawasan wisata Monas akan dilakukan secara bertahap.

"Tentu nanti juga akan segera ya membuka Monas. Secara bertahap kita CFD dulu nanti baru kita cari waktu untuk Monas," kata dia.

Kendati demikian, Riza Patria belum bisa membocorkan kapan wisata Monas bakal dibuka lagi untuk umum.

Baca Juga: 11 Landmark Terkenal Negara di Asia Tenggara, Gak Cuma Monas Saja Lho!

2. Wisata Monas dibuka setelah Lebaran

Wagub DKI: Wisata Monas Siap Dibuka Lagi Usai 2 Tahun Ditutup

Namun, beberapa waktu yang lalu dirinya menegaskan kawasan wisata Monas akan dibuka lagi untuk masyarakat umum pasca Hari Raya Idul Fitri.

"Kapan dibuka tepatnya, tapi kan sekarang masih di bulan suci Ramadan kita tunggu waktu yang tepat mungkin habis Lebaran ya," kata Riza kepada awak media di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (4/4/2022) lalu.

Baca Juga: 172 Kios yang Dibangun Ahok di Monas Ludes Terbakar, Ini Kata Wagub

3. Ditutup sejak 2 tahun lalu

Wagub DKI: Wisata Monas Siap Dibuka Lagi Usai 2 Tahun Ditutupainonholidays.co.id

Untuk diketahui, kawasan Monas ditutup sejak pandemi Covid-19 melanda Tanah Air khususnya Jakarta pada Maret 2020 silam. Sejak saat itu, wisata Monas belum kembali dibuka untuk masyarakat.

Langkah pembukaan kawasan wisata Monas merupakan respons DKI terhadap pelonggaran kegiatan di area terbuka. Terbaru, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) kembali dilaksanakan di sejumlah titik.

Hingga kini, obyek wisata yang berada dekat Stasiun Gambir ini pun masih ditutup untuk umum, termasuk saat masa libur Lebaran kemarin.

Sambil menunggu Monas dibuka lagi, Pemprov DKI hingga juga terus melakukan pendekatan kepada pihak swasta untuk merevitalisasi kawasan UMKM di Lenggang Jakarta yang sempat hangus terbakar.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya