Comscore Tracker

Yakinkan 8 Perusahaan Inggris, Begini Masa Depan Jakarta di Mata Anies

Anies jajaki peluang investasi MRT fase 3 dan 4

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung masa depan Ibu Kota Jakarta. Hal itu dia sampaikan saat memaparkan proyeksi Jakarta ke depan, dalam rangka penjajakan peluang investasi di depan 8 perusahaan Inggris.

Adapun 8 perusahaan asal Inggris yang ditemui Anies, semua bergerak di sektor perkeretaapian. Di mana, pertemuan ini merupakan komitmen tindak lanjut atas kunjungan Menteri Perdagangan Internasional Inggris Rt Hon-Anne-Marie Trevelyan MP pada Februari 2022 lalu.

Pada kesempatan ini, Anies banyak menyinggung rencana pengembangan Moda Raya Terpadu (MRT). Diharap, ada penjajakan investasi yang didapat dari ke-8 perusahaan asal Inggris itu, untuk pengembangan MRT ke depan.

1. Anies jajaki peluang investasi MRT fase 3 dan 4

Yakinkan 8 Perusahaan Inggris, Begini Masa Depan Jakarta di Mata AniesIlustrasi MRT (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Baca Juga: Anies Bertemu Direktur 8 Perusahaan Inggris Jajaki Peluang Investasi 

Dalam penjajakan tersebut, Anies sebenarnya berupaya menjajaki peluang investasi proyek MRT East-West Line, yakni fase 3 koridor timur-barat dan fase 4 Fatmawati-TMII.

Dari keterangan resmi yang disampaikan MRT Jakarta, Anies mencoba memaparkan rencana pembangunan Jakarta dalam rountable discussion "Building Sustainable MRTJ East West Corridor" yang difasilitasi Departemen Perdagangan Internasional Inggris yang digelar di London, baru-baru ini.

Menurut Anies, dalam pemaparannya, rencana pembangunan masa depan Jakarta ke depan bakal berbasis transportasi publik dan berorientasi transit. Anies sadar, persoalan utama pembangunan di Jakarta selama ini, hanya selalu berorientasi pada mobil.

"Persoalan utama selama ini bertahun-tahun di Jakarta, ialah pembangunannya selalu berorientasi pada mobil (car oriented development). Saat ini dan ke depannya, kami akan mengubah paradigma tersebut menjadi transit oriented development," demikian pernyataan Anies, seperti disitat Antara, Senin 16 Mei 2022.

2. Restrukturisasi ulang transportasi publik di Jakarta

Yakinkan 8 Perusahaan Inggris, Begini Masa Depan Jakarta di Mata AniesANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Baca Juga: Usulan Integrasi Tarif LRT, MRT dan TransJakarta Batal Diputuskan

Maka itu, Anies kemudian menyinggung rencana restrukturisasi ulang transportasi di Jakarta, yang meliputi peraturan zona pembangunan, serta tata kota untuk merefleksikan pendekatan berbasis kawasan berorientasi transit.

"Semua itu telah kami lakukan empat tahun terakhir. Kami ingin membangun sistem transportasi publik yang dapat mencakup seluruh area di Jakarta yang terintegrasi satu sama lain serta terjangkau," katanya.

3. Kesempatan kerja sama

Yakinkan 8 Perusahaan Inggris, Begini Masa Depan Jakarta di Mata AniesLogo MRT (Dok. Istimewa)

Usai memaparkan masa depan Jakarta dan sistem transportasi yang diproyeksikan oleh Anies, ke-8 perusahaan bergerak di sektor perkeretaapian di Inggris itu kemudian secara bergiliran memaparkan kapasitas dan dukungan yang dapat diberikan untuk akselerasi MRT Jakarta fase 3 dan 4.

Adapun 8 perusahaan itu dihadiri oleh para pemimpin tinggi mereka, yaitu Crossrail International, XRail Group, Arup, Colas Rail, BDP, Alstom, Mott MacDonald, dan Standard Chartered Bank yang turut didampingi oleh UK Export Finance, dan Departemen Perdagangan Internasional Inggris.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya