Nomor Layanan BPJS Kesehatan Care Center Diganti Menjadi 165

Diganti secara bertahap

Jakarta, IDN Times -  BPJS Kesehatan secara bertahap mengubah nomor layanan Care Center yang mulanya 1500 400, menjadi 165.

Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, David Bangun menjelaskan berubahnya nomor layanan Care Center ini diharapkan membuat masyarakat lebih mudah mengingat nomor tersebut jika sewaktu-waktu memerlukan informasi atau akan melakukan pengaduan terkait layanan JKN-KIS.

"Agar lebih mudah diingat. Nomor akses layanan BPJS Kesehatan Care Center tersebut bisa dimanfaatkan peserta JKN-KIS untuk meminta informasi atau melakukan pengaduan kapan pun dan di mana pun, secara lebih cepat dan mudah,” jelas David.

 

1. Sejumlah fitur yang dapat diakses

Nomor Layanan BPJS Kesehatan Care Center Diganti Menjadi 165Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, David Bangun. (Dok. BPJS Kesehatan)

David menambahkan selama masa transisi sampai Desember 2021, masyarakat masih dapat menggunakan secara paralel nomor 1500 400 maupun 165 untuk menghubungi BPJS Kesehatan Care Center.

Adapun sejumlah fitur yang dapat diakses masyarakat melalui BPJS Kesehatan Care Center antara lain permintaan informasi dan pengaduan; layanan administrasi seperti penambahan anggota keluarga Pekerja Penerima Upah (PPU) Penyelenggara Negara dan swasta, PBPU, serta BP; pendaftaran bayi baru lahir non PBI Jaminan Kesehatan; peralihan segmen peserta ke PBPU; dan perubahan data.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Beri Kemudahan bagi Pasien Thalassemia Mayor dan Hemofilia

2. Konsultasi kesehatan dengan dokter umum

Nomor Layanan BPJS Kesehatan Care Center Diganti Menjadi 165Petugas BPJS Kesehatan menunjukan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) online miliknya di kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Jakarta Selatan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Di samping itu, peserta JKN-KIS juga bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter umum melalui pelayanan Tanya Dokter yang tersedia di BPJS Kesehatan Care Center.

Peserta juga dapat memanfaatkkan layanan Chat Assistant JKN (CHIKA) yang direspons oleh robot (AI), dan layanan Voice Interactive JKN (VIKA), yakni rekaman audio dalam berinteraksi dengan peserta.

“Untuk pengaduan yang sifatnya memerlukan koordinasi dengan kantor cabang BPJS Kesehatan ataupun stakeholder lainnya, BPJS Kesehatan Care Center memiliki sistem yang terhubung dengan kantor cabang. Dengan demikian, kantor cabang dapat segera menyelesaikan pengaduan tersebut sesuai dengan Standard Level Agreement (SLA) target waktu penyelesaian atas pengaduan tersebut,” kata David.

3. Beberapa kanal informasi dan pengaduan yang lain

Nomor Layanan BPJS Kesehatan Care Center Diganti Menjadi 165(Petugas melayani warga di Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Jakarta Pusat, Matraman, Jakarta) ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

BPJS Kesehatan sendiri sebenarnya memiliki layanan pusat informasi sejak 2010 pada era PT Askes (Persero). Keberadaan dan fungsi care center tersebut selanjutnya terus dikembangkan. Mulai 2014, care center dapat dijangkau oleh masyarakat selama 24 jam 7 hari.

Sepanjang tahun tersebut, jumlah panggilan yang diterima mencapai 645.263 panggilan. Jumlah panggilan itu meningkat tajam seiring bertambahnya kanal informasi dan pengaduan yang disediakan BPJS Kesehatan.

Hingga 2020, tercatat BPJS Kesehatan Care Center melayani 1.631.535 panggilan. Hal ini tak lepas dari pertumbuhan kepesertaan JKN-KIS yang melonjak menjadi lebih dari 200 juta jiwa.

“Kami juga melayani permintaan informasi dan penanganan pengaduan melalui media sosial resmi BPJS Kesehatan, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi Mobile JKN yang fitur-fitur di dalamnya terbilang lengkap, mulai dari mengurus administrasi kepesertaan secara mandiri, screening kesehatan, konsultasi online, mengambil antrean online, melihat riwayat tagihan dan pembayaran, hingga meminta informasi atau melakukan pengaduan,” ujar David. (WEB)

Baca Juga: Dirut BPJS Kesehatan Ajak Masyarakat Rajin Olahraga

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya