Bupati Ciamis: Nasionalisme Harus Ditanamkan Sejak Dini

Peringati Hari Kebangkitan Nasional

Jakarta, IDN Times - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tingkat Kabupaten Ciamis di Halaman Pendopo Bupati, Senin (22/5/2023). 

Pada kesempatan tersebut, Hardiat Sunarya menyampaikan bahwa jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air harus ditanamkan kepada para generasi muda sejak dini. 

1. Ingatkan para dewan pendidik untuk tanamkan jiwa nasionalisme

Bupati Ciamis: Nasionalisme Harus Ditanamkan Sejak DiniIlustrasi siswa sekolah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Ia mengaku prihatin melihat banyak generasi muda saat ini yang rasa cinta terhadap tanah airnya sudah mulai luntur akibat perkembangan zaman dan teknologi. 

"Saya sangat prihatin melihat generasi muda saat ini, zaman kita dulu ketika sekolah SD sebelum pulang kita nyanyi lagu-lagu nasional dulu, selain itu guru juga memberikan pertanyaan-pertanyaan, namun sekarang sudah jarang," ucapnya. 

Bupati pun berpesan kepada para dewan pendidik untuk kembali menanamkan jiwa nasionalisme kepada para anak didiknya baik di tingkat SD, SLTP, maupun SLTA. 

"Kepada para tenaga pendidik saya titipkan tolong jiwa nasionalisme ini ditanamkan kembali kepada anak-anak kita dari sejak dini," katanya.

Baca Juga: Sinergi Positif Pemprov Jabar dan Masyarakat Pangkas Pengangguran

2. Menjadi tanggung jawab bersama

Bupati Ciamis: Nasionalisme Harus Ditanamkan Sejak DiniIlustrasi siswa madrasah diniyah. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Menurutnya, hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama sebagai masyarakat agar jiwa nasionalisme para generasi penerus tidak luntur bahkan hilang. 

"Tentu kita ingin mempunyai generasi penerus yang baik dengan tetap mengikuti perkembangan zaman dan digitalisasi, namun tetap tidak melupakan nasionalisme dan hal-hal yang sakral dari bangsa kita," ujarnya. 

3. Implementasikan semangat Budi Utomo

Bupati Ciamis: Nasionalisme Harus Ditanamkan Sejak DiniIlustrasi semangat nasionalisme (unsplash.com/Dzulfahmi Fauzan)

Bupati Herdiat juga mengajak peserta upacara agar mengenang kembali tujuan, cita-cita, dan semangat Budi Utomo serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 

"Pada momentum peringatan hari kebangkitan nasional  ke-115  ini, saya mengajak kita semua agar kembali mengenang tujuan, cita-cita dan semangat Budi Utomo untuk kita implementasikan dalam pelaksanaan tugas kita saat ini," ucapnya.

"Mari kita tingkatkan kebersamaan, sinergitas dan upaya kerja keras dalam melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan bangsa, khususnya dalam membangkitkan dan meningkatkan pembangunan di Tatar Galuh Kabupaten Ciamis yang kita cintai," tambahnya. (WEB)

Baca Juga: 4 Upaya Cerdas Pemprov Jabar untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya