Kampus Merdeka Fair 2022 Resmi Dibuka di Padang

Akan diselenggarakan di enam kota

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia menyelenggarakan Kampus Merdeka Fair di enam kota.

Kampus Merdeka Fair pertama digelar di Kota Padang pada 8 - 9 Oktober 2022, dengan Universitas Negeri Padang sebagai tuan rumah. Acara tersebut dihadiri oleh insan perguruan tinggi, mitra industri, mahasiswa, dan perwakilan program unggulan Kampus Merdeka. 

Saat membuka acara ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa Kampus Merdeka Fair menjadi momentum untuk memacu peningkatan kuantitas dan kualitas Kampus Merdeka, serta mewujudkan program Kampus Merdeka Mandiri. 

1. Perubahan bukanlah hal yang mudah

Kampus Merdeka Fair 2022 Resmi Dibuka di PadangKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia menyelenggarakan Kampus Merdeka Fair di Universitas Negeri Padang. (Dok. Kemdikbudristek)

Nadiem memahami bahwa tiga tahun terakhir ini bukanlah saat yang mudah untuk mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Ibu/Bapak rektor, dekan, dan kaprodi harus menerapkan kebijakan-kebijakan baru. Dosen harus menyesuaikan pembelajaran di kelas dan mahasiswa juga harus mengubah mindset-nya tentang belajar di perguruan tinggi,” papar Nadiem, Sabtu (8/10). 

Tidak hanya kampus yang harus berubah, tapi juga dunia industri. Menurut Nadiem, industri sekarang harus bisa menjadi mitra bagi kementerian dan perguruan tinggi sebagai upaya mentransformasi sistem pendidikan Indonesia. 

“Berubah memang bukanlah hal yang mudah, tapi kita perlu ingat juga bahwa tidak ada hasil yang mungkin mengkhianati upaya. Kita telah buktikan itu dengan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” katanya. 

Baca Juga: Nadiem Pamer Kesuksesan Apps Merdeka Mengajar: Dipakai 1,6 Juta Guru

2. Mendorong fleksibilitas perguruan tinggi dalam menjalankan proses pembelajaran

Kampus Merdeka Fair 2022 Resmi Dibuka di PadangMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara kerjasama Kemendikbud dengan Netflix (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Sebagai informasi, MBKM memberikan hak mahasiswa belajar tiga semester di luar kampus atau program studi. Ini terbukti memberikan dampak yang signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan. Lebih dari 700.000 mahasiswa dan 2.600 mitra dunia usaha dan industri telah mendaftar untuk mengikuti program Kampus Merdeka.

Saat ini, jumlah mahasiswa aktif dalam program-program Kampus Merdeka mencapai lebih dari 100.000 mahasiswa yang berasal dari 2.600 perguruan tinggi di 35 provinsi. Lebih dari 500 perusahaan, serta 117 perguruan tinggi luar negeri telah bergabung sebagai mitra. 

“Kita sebenarnya punya tekad untuk bertransformasi. Kita membawa Indonesia melompat lebih tinggi dengan mempersiapkan generasi muda yang bernalar kritis, kreatif, siap menghadapi tantangan dan perubahan, dan memiliki profil pelajar Pancasila,” kata Nadiem. 

Lebih jauh Nadiem menerangkan, Kampus Merdeka mendorong otonomi dan fleksibilitas perguruan tinggi dalam menjalankan proses pembelajaran agar lulusan bisa relevan dengan dunia usaha dan industri.

Perguruan tinggi diharapkan mulai melaksanakan berbagai program-program Kampus Merdeka secara mandiri dan menjaga keberlanjutan program tersebut sebagai program unggulan di institusinya masing-masing.

3. Memberi peluang bagi generasi penerus

Kampus Merdeka Fair 2022 Resmi Dibuka di PadangSuasana penerimaan mahasiswa program magang Kampus Merdeka di INKA Training Center, Desa Kuwiran, Kabupaten Madiun. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek, Nizam, dalam sambutannya mengapresiasi Universitas Negeri Padang selaku tuan rumah penyelenggara Kampus Merdeka Fair.

Dia pun memberikan apresiasi kepada para mahasiswa, dosen, seluruh sivitas perguruan tinggi, industri mitra, hingga lembaga-lembaga di pemerintah daerah maupun pusat, yang telah turut serta mengawal dan menyelenggarakan program-program MBKM selama lebih dari dua tahun ini. 

"Tujuan MBKM yang diselenggarakan secara nasional ini adalah untuk memberi peluang yang sama dan terbuka bagi generasi penerus negeri, dari Sabang sampai Merauke, dari kampus besar sampai kampus kecil. Mulai dari mengajar di pelosok negeri, magang di perusahaan bergengsi, hingga bertukar pelajar antarprovinsi maupun antarnegara,” ujar Nizam. 

Agar ekosistem MBKM dapat terus menjangkau semuanya, ia berharap KM Fair ini memberikan wawasan bagi lebih banyak perguruan tinggi untuk menerapkan program-program MBKM dan dapat berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan.

4. Diharapkan bisa mengenal lebih dalam program Kampus Merdeka

Kampus Merdeka Fair 2022 Resmi Dibuka di PadangKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia menyelenggarakan Kampus Merdeka Fair di Universitas Negeri Padang. (Dok. Kemdikbudristek)

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, Kiki Yuliati, mengajak mahasiswa yang hadir untuk mengenal lebih jauh program Kampus Merdeka sembari mempersiapkan diri untuk terlibat langsung dalam berbagai program di tahun mendatang. 

“Kita mendorong mahasiswa dapat lebih mandiri belajar mencari informasi dari sumber utama. Kami juga berharap para mahasiswa, dosen, pimpinan perguruan tinggi, serta mitra industri dan mitra lembaga pemerintah lainnya dapat mengenal lebih dalam program-program Kampus Merdeka sekaligus berbagi pengalaman dan gagasan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan program,” ucapnya. 

5. Selain Padang, KM Fair akan diselenggarakan di lima kota lainnya

Kampus Merdeka Fair 2022 Resmi Dibuka di PadangKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia menyelenggarakan Kampus Merdeka Fair di Universitas Negeri Padang. (Dok. Kemdikbudristek)

Pada hari pertama KM Fair 2022, kegiatan diisi dengan Sharing Session terkait program-program Kampus Merdeka dan implementasi kampus merdeka mandiri; Collaborative Insights atau workshop perencanaan implementasi kampus merdeka mandiri; informasi tentang Kampus Merdeka Hub sebagai sebuah platform untuk seluruh penerima manfaat program MBKM; serta Gala Dinner yang dihadiri perwakilan perguruan tinggi dan mitra. 

Selanjutnya KM Fair hari kedua akan menghadirkan training dan coaching clinic dari mahasiswa alumni flagship bagi mahasiswa yang tertarik untuk kepesertaan tahun 2023, juga penjajakan kerja sama antar perguruan tinggi serta antara perguruan tinggi dan industri.

Selain di Kota Padang, KM Fair juga akan diselenggarakan di lima kota lainnya pada Oktober hingga November mendatang yaitu di Yogyakarta, Pontianak, Jakarta, Malang, dan Singaraja, Bali. KM Fair ini merupakan rangkaian acara Road to Festival Kampus Merdeka 2022. (WEB)

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Puji Kampus di Jatim Soal Kampus Merdeka

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya