Pemkab Kediri Pindahkan Pasien Isoman ke Isoter

Isoman dengan kondisi yang lebih layak

Jakarta, IDN Times - Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa menghadiri apel pasukan dalam rangka pemindahan pasien isolasi mandiri (Isoman) ke tempat lokasi isoter, yang dilaksanakan di Lapangan Makodim 0809 Kediri, Rabu (18/8/2021).

Apel pasukan sendiri dipimpin oleh Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol Inf Rully Eka Suryawan. Apel tersebut juga dihadiri Kapolres Kediri Kota, Kapolres Kediri, Wakil Bupati Kediri, Dan Sub Denpom V / 2-2 Kediri, Kasatpol PP Kab. Kediri, Kasatpol PP Kota Kediri, Ketua BPBD Kota Kediri dan Ketua BPBD Kab. Kediri.

2. Tetap menerapkan protokol kesehatan

Pemkab Kediri Pindahkan Pasien Isoman ke IsoterWakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa menghadiri apel pasukan dalam rangka pemindahan pasien isolasi mandiri (Isoman) ke tempat lokasi isoter, yang dilaksanakan di Lapangan Makodim 0809 Kediri, Rabu (18/8/2021). (Dok. Pemkab Kediri)

Dandim 0809 Kediri Letkol Inf. Rully Eka Suryawan, sebagai pimpinan apel dalam pidatonya menyampaikan bahwa kita sedang mengalami pandemik COVID-19 yang telah berjalan 1,5 tahun dan kasus konfirmasi terus bertambah.

Menurutnya, salah satu dampak pandemik COVID-19 adalah adanya warga yang melaksanakan Isoman dengan kondisi yang kurang layak, serta kurangnya tenaga kesehatan sehingga rawan terbentuk klaster baru.

"Dalam pemindahan warga Isoman ke isoter perlu peran aktif warga, Toga dan Tomas sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam menghadapi pandemik COVID-19 dan nantinya dalam pemindahan warga Isoman ke isoter perlu penerapan Prokes dan SOP," ujar Eka Suryawan. 

Baca Juga: Percepat Tracing, Pemkab Kediri Luncurkan Mobil PCR

2. Pelayanan kepada masyarakat dapat lebih efektif

Pemkab Kediri Pindahkan Pasien Isoman ke IsoterWakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa menghadiri apel pasukan dalam rangka pemindahan pasien isolasi mandiri (Isoman) ke tempat lokasi isoter, yang dilaksanakan di Lapangan Makodim 0809 Kediri, Rabu (18/8/2021). (Dok. Pemkab Kediri)

Dengan pemindahan warga Isoman ke isoter diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih efektif. Selain itu, karena tidak ada tempat isoter di tingkat kelurahan maka mau tidak mau harus dipindahkan ke isoter tingkat kecamatan.

Setelah apel tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan pasukan apel serta sarana dan prasarana bersama Forkopimda sekaligus memberikan arahan kepada anggota terkait dalam pelaksanaan pemindahan pasien Isoman ke isoter supaya dilaksanakan secara humanis. 

3. Duduki peringkat ke-4 vaksinasi COVID-19 terbanyak di Jawa Timur

Pemkab Kediri Pindahkan Pasien Isoman ke IsoterBupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, meninjau tempat isolasi terpadu (Isoter) di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri, Senin (26/7/2021). (Dok, Pemkab Kediri)

Sementara itu, diketahui Pemerintah Kabupaten Kediri duduki peringkat keempat serapan terbanyak vaksinasi COVID-19 di Jawa Timur. Informasi ini disampaikan usai Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengikuti rapat bersama Presiden Joko Widodo di Pendopo Ronggo Djoemono, Kabupaten Madiun (19/8/2021).

Dalam rapat tersebut Presiden Jokowi memberikan arahan kepada seluruh Kepala Daerah di Jawa Timur tentang penanganan COVID-19. Presiden juga menekankan kepada seluruh Kepala Daerah agar tetap meningkatkan penanganan, serta melakukan percepatan vaksinasi tiap daerah, isolasi terpadu dan menjaga ketersediaan obat.

Hanindhito mengatakan, vaksinasi terakhir dilakukan Pemkab Kediri bekerja sama dengan Kwarda Jatim di SMPN 1 Grogol sebanyak 2 ribu dosis.

"Ke depan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo berbagai langkah strategis akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri," ujarnya. (WEB)

Baca Juga: Pemkab Kediri Tanggung Biaya Pendidikan Putra Awak KRI Nanggala-402

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya