Kemenko Perekonomian Dukung BAZNAS Optimalisasi Zakat

Untuk pemulihan ekonomi nasional

Jakarta, IDN Times - Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian mendukung upaya Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam mengoptimalisasi peran zakat untuk membantu pemulihan ekonomi nasional. 

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto pada Audiensi dan Silaturahim Pimpinan BAZNAS RI ke Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, di Jakarta, Jumat (12/11/2021).

Turut hadir dalam audiensi tersebut Ketua BAZNAS RI Noor Achmad bersama Wakil Ketua BAZNAS RI Mo Mahdum, Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan, dan Rizaludin Kurniawan.

1. Zakat mampu mendukung pertumbuhan ekonomi

Kemenko Perekonomian Dukung BAZNAS Optimalisasi ZakatANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Menurut Airlangga, zakat mampu mendukung pertumbuhan ekonomi, mempercepat penanggulangan kemiskinan, serta mengurangi kesenjangan antarindividu dan antardaerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Zakat memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika pengumpulan dana zakat nasional melalui zakat ASN, BUMN, BUMD, yang pertama diimplementasikan, maka pengumpulan dana zakat nasional akan mencapai total Rp27.9 triliun.

"Hal ini tentu harus didorong agar kesejahteraan bagi masyarakat dapat segera terwujud," ujar Airlangga.

Baca Juga: Baznas Targetkan Program Zakat Sentuh Korban Pinjol

2. Strategi optimalisasi zakat

Kemenko Perekonomian Dukung BAZNAS Optimalisasi ZakatBAZNAS dan GoPay Kolaborasi mengumpulkan zakat, infak dan sedekah (Dok. IDN Times)

Pada kesempatan tersebut, Ketua BAZNAS Noor Achmad mengatakan, strategi optimalisasi zakat dapat dilakukan dengan pembentukan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di beberapa kementerian maupun lembaga pemerintahan. Selain itu, pemanfaatan keuangan digital juga akan ditingkatkan untuk optimalisasi zakat.

"Hal ini dapat meningkatkan tata kelola yang baik dan akuntabilitas, sehingga penerimaan dan penyaluran zakat akan lebih efektif bagi para mustahik (orang-orang yang berhak menerima zakat). Insyaallah pertemuan ini membawa hasil yang baik," ujar Noor.

3. Mengembangkan ekosistem ekonomi umat

Kemenko Perekonomian Dukung BAZNAS Optimalisasi ZakatIlustrasi zakat (Dok. baznas.go.id)

Noor menjelaskan bahwa BAZNAS akan terus mengembangkan ekosistem ekonomi umat melalui penguatan dan pemberdayaan ekonomi gotong royong berkelanjutan berbasis zakat dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Ia pun sempat menyampaikan rasa terima kasih kepada Menko Perekonomian atas dukungan dan upaya optimalisasi peran BAZNAS dalam pengumpulan zakat nasional. (WEB)

Baca Juga: Baznas: 20 Kementerian dan BUMN Terapkan Bayar Zakat dengan Potong Gaji

Topik:

  • Ezri T Suro
  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya