Jelang Lebaran, Kementan Pantau Stabilitas Stok dan Harga Pangan

Relatif aman terkendali

Jakarta, IDN Times - Tiga hari jelang Idulfitri 2021, ketersediaan dan harga pangan terpantau relatif aman dan terkendali. Hal ini diungkapkan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri di Jakarta, Minggu (09/05/2021). 

“Kita pastikan ketersediaan 11 komoditas pangan dalam kondisi yang aman dan terkendali. Terkait harga, memang ada dinamika untuk komoditas tertentu, namun masih dalam kondisi yang wajar mengingat momentum lebaran yang akan segera tiba,” ujar Risfaheri.  

1. Hasil pemantauan di Pasar Kemiri Depok

Jelang Lebaran, Kementan Pantau Stabilitas Stok dan Harga PanganTiga hari jelang Idulfitri 2021, ketersediaan dan harga pangan terpantau relatif aman dan terkendali. Hal ini diungkapkan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri di Jakarta, Minggu (09/05/2021). (Dok. Kementan)

Fahrudin, petugas pemantau ketersediaan dan harga pangan yang ditemui di Pasar Kemiri Depok, Minggu (09/05/2021) mengatakan, pasokan dan harga pangan di lokasi relatif tidak ada masalah. 

"Kalau stok dan harga di sini relatif aman dan stabil, karena ini sudah merupakan kegiatan tahunan, sehingga pemerintah pusat dan daerah sudah mengantisipasi agar stok mencukupi," ujarnya. 

Dari pemantauan tersebut ditemukan adanya penurunan permintaan dibanding beberapa hari lalu. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu pedagang yang mengatakan bahwa pada tahun ini permintaan masyarakat tidak terlalu besar dan pasokan lancar sehingga harga pangan pun cenderung stabil.  

"Kalau harga beras di sini tidak ada kenaikan. Biasa-biasa saja, bahkan permintaannya cenderung terus berkurang, karena pemerintah juga membagikan bantuan beras," ujar Budianto, salah seorang pedagang beras di Pasar Kemiri Depok yang sudah berjualan 10 tahunan.

Baca Juga: Lahan Pertanian Diserang Hama, Kementan Dorong Petani Ikut AUTP

2. Komoditas daging dan cabai merah alami kenaikan harga

Jelang Lebaran, Kementan Pantau Stabilitas Stok dan Harga PanganTiga hari jelang Idulfitri 2021, ketersediaan dan harga pangan terpantau relatif aman dan terkendali. Hal ini diungkapkan Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri di Jakarta, Minggu (09/05/2021). (Dok. Kementan)

Harga komoditas daging diketahui mengalami kenaikan dari yang awalnya Rp120 ribu/kg sekarang naik di kisaran Rp135 ribu - Rp140 ribu/kg. Menanggapi hal tersebut, Risfaheri menjelaskan bahwa Kementerian Pertanian (Kementan) melalui importir dan distributor daging sapi beku telah menyediakan stok dalam jumlah yang cukup di Pasar Mitra Tan yang ada di Jakarta, Depok dan Bogor.

"Bahkan kami gencarkan juga penjualan daging sapi beku ke pusat pemukiman, rusun dan kelurahan, tentu dengan harga jauh lebih murah dibandingkan daging sapi segar, “ ungkap Risfaheri.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas cabai merah dan cabai rawit, tetapi masih dalam kondisi yang wajar mengingat permintaan yang meningkat jelang Idulfitri. Walaupun demikian pasokan komoditas tersebut dipastikan aman dan normal seperti hari biasanya tidak terkendala kegiatan penyekatan mudik. 

Risfaheri juga menyebutkan bahwa harga beras, bawang merah, bawang putih, gula, dan minyak goreng terpantau stabil. Penurunan harga terjadi di komoditas telur ayam ras yang turun menjadi Rp 23.000/kg. 

3. Memperlancar distribusi

Jelang Lebaran, Kementan Pantau Stabilitas Stok dan Harga PanganIlustrasi pasar tradisional. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mengatakan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan di Daerah, agar terus melaporkan ketersediaan dan harga pangan di daerahnya. 

Kementan juga melakukan berbagai upaya untuk memperlancar distribusi pangan, dan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, antara lain melakukan koordinasi intensif dengan berbagai stakeholder dan menggencarkan gelar pangan murah oleh Pasar Mitra Tani di seluruh Indonesia.

"Kalau ada kekurangan stok atau gejolak harga tinggi, tentu pemerintah akan melakukan intervensi agar harga bisa stabil dan tidak memberatkan masyarakat," ujar Agung. (WEB)

Baca Juga: Kementan Apresiasi Polres Pati Bongkar Penyelewengan Pupuk Bersubsidi

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya