Kemnaker Dorong BBPLK Semarang Jadi Wilayah Bebas Korupsi

Bagian dari reformasi birokrasi

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka menerapkan reformasi birokrasi dan reformasi Balai Latihan Kerja (BLK), Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi, menyambangi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa (10/8/2021).

Pada kesempatan tersebut, Anwar menjelaskan langkahnya mendatangi BBPLK Semarang sebagai upaya mendukung fokus kerja pemerintahan, sehingga mampu menghasilkan SDM/ASN ketenagakerjaan yang kompeten, profesional, dan berkeinginan untuk menjadikan BBPLK Semarang sebagai salah satu institusi yang mampu mendorong reformasi birokrasi.

"Kami ingin BBPLK Semarang menjadi satu andalan kita sebagai wilayah bebas korupsi, wilayah birokrasi yang bersih dan melayani," kata Anwar Sanusi.

1. Terus kreatif meski bekerja dari rumah

Kemnaker Dorong BBPLK Semarang Jadi Wilayah Bebas KorupsiSekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi. (Dok. Kemnaker)

Didampingi Kepala BBPLK Semarang, Heru Wibowo, Anwar Sanusi dalam arahannya menyampaikan dua pesan kepada pegawai di lingkungan BBPLK Semarang.

Pertama, pada masa pandemik COVID-19 dengan segala keterbatasan di tengah situasi sulit, Kepala BBPLK Semarang diminta tetap mampu mengendalikan jajarannya agar tidak menghentikan kreativitas meski bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

"WFH itu bukan libur ya, Pak Heru, para Koordinator, Sub koordinator, selaku pimpinan memiliki kewajiban untuk mengkoordinasi pejabat fungsional yang sudah diklasterkan dalam rumpun-rumpun sesuai dengan keahliannya. Kita ingin ke depan, terus melakukan perbaikan dan meraih kemenangan dalam kompetisi di masa depan," ujarnya.

Baca Juga: Kemnaker Gelar Sosialisasi Pemetaan Potensi dan Kompetensi PNS

2. Mendorong kolaborasi

Kemnaker Dorong BBPLK Semarang Jadi Wilayah Bebas KorupsiIlustrasi Balai Latihan Kerja (BLK). (Dok. Kemnaker)

Kedua, Anwar berpesan selain berpikir out of the box dan inovatif, BLK juga harus bisa membuka diri dengan melakukan kolaborasi jejaring kerja yang memiliki dasar sama. Misalnya kolaborasi dengan kalangan perguruan tinggi, maupun asosiasi desainer.

"Tidak mungkin kita memperoleh ide, kalau sementara ini, tanpa pernah dibarengi melakukan kolaborasi dengan pihak lain. Tidak akan mungkin, karena sumber itu berasal dari luar," katanya.

3. Mendukung upaya reformasi birokrasi

Kemnaker Dorong BBPLK Semarang Jadi Wilayah Bebas KorupsiKunjungan Menaker Ida di BLK Ternate, Maluku Utara, Jumat (5/3/2021). (Dok. Kemnaker)

Sementara itu, Kepala BBPLK Semarang, Heru Wibowo, menegaskan bahwa seluruh jajaran BBPLK Semarang menyambut positif motivasi dari Sekjen Kemnaker untuk meningkatkan performa BBPLK Semarang dan Kemnaker dalam rangka reformasi birokrasi dan BLK.

"Untuk reformasi birokrasi, kami mendukung dan akan menciptakan itu semua di sini, sesuai arahan beliau," ujar Heru Wibowo. (WEB)

Baca Juga: Kemnaker Canangkan Gerakan Tagar #TalenthubBantuKerja

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya