Kemnaker Dukung Pendirian BLK di Manokwari Selatan

Akselerasi kompetensi SDM

Jakarta, IDN Times - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa pihaknya mendukung dan memberikan perhatian khusus atas rencana Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) di Manokwari Selatan.

Menurutnya, para calon pekerja di Papua Barat perlu diakselerasi dengan cara memperkuat keberadaan BLK. 

"Saya kira untuk kebutuhan peningkatan kompetensi pekerja, atau calon pekerja di Papua Barat, perlu diakselerasi dengan cara memperkuat BLK. Kita punya BLK UPTP di Sorong dan kita sangat mendukung BLK UPTD yang dikelola Pemprov Papua Barat," kata Ida saat berkunjung ke Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis (14/10/2021). 

1. Akan memberi bantuan peralatan penunjang

Kemnaker Dukung Pendirian BLK di Manokwari SelatanMenaker Ida saat berkunjung ke Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis (14/10/2021).  (Dok. Kemnaker)

Ida juga meyakini dengan sinergitas antara Pemerintah Pusat melalui BLK Sorong dan Pemprov Papua Barat dengan membuat BLK berstandar nasional dan internasional akan mempercepat peningkatan kompetensi masyarakat Papua Barat. 

"Kalau tahun depan sudah dibangun, kita akan support dengan bantuan peralatan, bantu siapkan kapasitas instruktur dengan BLK dari seluruh Indonesia, tergantung jurusan yang akan di bangun di BLK sini. Prinsipnya, kami sangat support mulai dari peralatan hingga meningkatkan kompetensi instrukturnya," katanya.

Baca Juga: Kemnaker Ajak ASEAN-OSHNET Optimalkan K3 di Sektor Konstruksi

2. Tindak lanjut dari Inpres

Kemnaker Dukung Pendirian BLK di Manokwari SelatanMenaker Ida saat berkunjung ke Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis (14/10/2021).  (Dok. Kemnaker)

Selain itu, Ida juga menegaskan bahwa pembangunan BLK UPTP di Kabupaten Manokwari Selatan ini merupakan tindak lanjut dari Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.  

Menurutnya, secara geografis, letak Kabupaten Manokwari Selatan sangat strategis. Karena sebagai kabupaten penghubung dan terletak di antara lima kabupaten, yakni Manokwari, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama.

Sementara dari sisi kebutuhan tenaga kerja, dapat diserap oleh industri dan perusahaan-perusahaan yang berada di lima kabupaten tersebut.

3. Menyiapkan lahan seluas 5 hektare

Kemnaker Dukung Pendirian BLK di Manokwari SelatanMenaker Ida saat berkunjung ke Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Kamis (14/10/2021).  (D0k. Kemnaker)

Sementara itu, Kadisnakertrans Papua Barat Frederik DJ Saidui menyambut positif dukungan Menaker untuk memberikan bantuan peralatan dan instruktur yang tersertifikasi.

Pemprov Papua Barat telah menyiapkan lahan seluas 5 hektare untuk pembangunan BLK di Manokwari Selatan. 

"Adanya BLK di Manokwari Selatan dapat mengubah paradigma lama tentang daya serap Orang Asli Papua (OAP) di semua bidang usaha di tahun-tahun mendatang tentang kemandirian OAP di negerinya sendiri," ujarnya.

4. Didukung Gubernur Papua Barat

Kemnaker Dukung Pendirian BLK di Manokwari SelatanIlustrasi Balai Latihan Kerja (BLK). (Dok. Kemnaker)

Diketahui, selama tiga tahun ini pembangunan BLK di Mankowari Selatan didukung Gubernur Papua Barat melalui APBD Papua Barat.

Tahun pertama, dibangun talud (dinding penahan tanah) di lokasi, tahun berikutnya dibangun pagar keliling dan tahun ketiga perumahan PNS yang akan difungsikan untuk mengelola BLK tersebut. 

"Mudah-mudahan Pak Gubernur tahun depan kembali men-support pembangunan bangunan-bangunan penunjang lainnya. Semoga tahun depan, akan ada kucuran anggaran agar BLK secepatnya dapat terealisasi di Manokwari Selatan," kata Frederik. (WEB)

Baca Juga: Kemnaker Bahas Perlindungan Ketenagakerjaan Pesepak Bola Profesional

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya