Lakukan 4 Hal Kecil Ini di Rumah, Efeknya Bisa Besar Banget Lho!

Mulai berubah dari rumah, untuk kehidupan yang berkelanjutan

Jakarta, IDN Times - Masa pandemik COVID-19 memaksa setiap orang untuk tinggal di rumah demi memutus mata rantai penyebaran virus. Tapi kondisi ini tak serta-merta membuat kita menjadi tidak produktif. Beragam aktivitas bisa dilakukan, mulai dari belajar bercocok tanam, hingga membuka bisnis kecil-kecilan bareng keluarga. 

Kita juga bisa ngelakuin berbagai hal kecil lainnya yang punya dampak besar untuk keberlangsungan lingkungan. Jadi, waktu kita gak sia-sia deh selama di rumah aja. Selain itu, kamu juga bisa ajak keluarga serta teman-temanmu untuk seru-seruan dalam melakukan beberapa kegiatan ini.

1. Bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan sempit

Lakukan 4 Hal Kecil Ini di Rumah, Efeknya Bisa Besar Banget Lho!Ibu dan anak berkebun di rumah (Shutterstock/OduaImages)

Punya lahan sempit ternyata bukan jadi halangan untuk bisa bercocok tanam di rumah. Keterbatasan lahan masih bisa diakali dengan berbagai metode seperti vertikultur, atau hidroponik. 

Selain itu, menanam tumbuhan di sekitar rumah juga punya banyak manfaat lho! Suasana rumah bisa menjadi lebih asri dan segar, meningkatkan kualitas udara dan kesehatan, hingga mencegah banjir. Halaman rumah bisa kamu manfaatkan untuk menanam pohon, tanaman hias, tanaman pertanian, atau jenis tumbuhan lainnya. 

Jadi, kamu bisa sekalian ikut berperan untuk memerangi dampak buruk perubahan iklim sekaligus menjaga kesehatan keluarga tercinta dengan berkebun di sekitar rumahmu. Kira-kira selama pandemik ini, kamu sudah mulai menanam tanaman apa saja nih di rumah kalian?

Baca Juga: SIG Optimis Bangun Bangsa Melalui 5 Inovasi Future Living  

2. Sulap barang-barang bekas jadi bernilai dan bermanfaat

Lakukan 4 Hal Kecil Ini di Rumah, Efeknya Bisa Besar Banget Lho!Botol bekas yang digunakan untuk pot tanaman (ShutterStock/Wutthichai/Phosri)

Di rumah kalian pasti banyak barang yang teronggok entah dari kapan dan perlahan menggunung di sudut ruangan atau lemari. Jangan dibuang dulu guys! Daripada langsung dilempar ke tempat sampah, barang-barang tersebut masih bisa kamu manfaatkan lho!

Kamu bisa saja mendonasikan beberapa barang yang masih bagus kualitasnya, membuka garage sale, atau mendaur ulang agar mempunyai nilai manfaat yang baru. Dengan begitu, kamu bisa ikut berperan dalam melestarikan lingkungan dan mengurangi sampah. 

Mumpung sekarang memiliki waktu yang lebih banyak di rumah, coba deh mulai perhatiin kondisi di sekitar kamu, mana tau kalian menemukan barang-barang yang tak terpakai namun masih bisa dimanfaatkan. 

Dengan begitu semangat untuk terus melestarikan bumi bisa tetap kita lakukan meskipun masih dalam masa pandemik. Mari kita sebarkan inspirasi berbuat kebaikan untuk meminimalisir sampah atau zero waste!

3. Hemat energi saat WFH, ini wajib!

Lakukan 4 Hal Kecil Ini di Rumah, Efeknya Bisa Besar Banget Lho!Ilustrasi hemat energi. (Dok. ShutterStock/AmasterPhotographer)

Pandemik COVID-19 memaksa kita beraktivitas di rumah. Kebijakan work from home (WFH) serta kegiatan belajar mengajar dari rumah juga harus dilakukan demi mengurangi penyebaran virus. Perpindahan hampir seluruh aktivitas masyarakat ke rumah tentunya mendorong peningkatan pemakaian listrik setiap harinya. 

Kita jadi sering lupa nyalain AC dan kipas angin selama berjam-jam, main gadget sambil di charge, atau main game di PC dan Playstation semalaman suntuk kayak pertunjukan wayang kulit. Hasilnya, tagihan listrik pun jadi melonjak deh.

Sebenarnya, penghematan energi itu bukan hanya bermanfaat pada kondisi finansial saja lho, namun juga bisa menyelamatkan nyawa kita dan melestarikan lingkungan. Kok bisa? 

Karena sekitar 90 persen pembangkit listrik bersumber dari bahan bakar minyak dan batu bara. Energi listrik berasal dari perut bumi, dan bila dieksploitasi secara berlebihan dan terus menerus akan mengakibatkan kerusakan pada bumi. Jadi penting banget kan untuk kita sebisa mungkin menghemat pemakaian energi terutama di rumah.

Yuk, mulai ubah kebiasaan hemat energi yang sederhana, buat selamatkan bumi kita!

4. Mulai biasakan dan berdayakan usaha teman-teman di sekitarmu

Lakukan 4 Hal Kecil Ini di Rumah, Efeknya Bisa Besar Banget Lho!Ilustrasi bisnis rumahan (ShutterStock/PaulaPhoto)

Pandemik COVID-19 berdampak pada kehidupan masyarakat, mulai dari kesehatan, sosial, hingga ekonomi. Meski banyak usaha yang tutup dan karyawan yang terkena PHK, masih ada teman-teman kita yang kreatif dan bangkit dengan membuka usaha kecil dari rumah. 

Di masa pandemik ini kita juga diuji untuk saling membantu sesama. Kamu perlu banget untuk mendukung bisnis kecil milik teman atau keluargamu agar mereka tetap bisa bertahan di situasi yang sulit ini. Jangan lupa juga rajin-rajin promosikan produk bisnis rumahan yang sedang kamu lakukan atau bisnis kenalanmu yang kamu beli produknya, karena bisa membantu orang itu rasanya bahagia banget lho guys!

Nah biar makin seru, kamu juga bisa sambil ikutan gerakan #MulaiBerubahDariRumah bersama SIG, yang bisa kamu pantau di Instagram @sig.id. Dengan semangat sustainability, digitalization, dan empowerment, SIG mengajak kamu untuk melakukan perubahan kecil demi kehidupan yang berkelanjutan di masa depan.

Kalian dapat berpartisipasi dalam gerakan ini melalui aktivasi digital, dengan cara menyelesaikan misi-misi perubahan yang sederhana dan dapat dilakukan di rumah. Tema setiap misi yang diusung beragam, mulai dari gaya hidup hijau hingga perilaku hemat energi. 

Yuk ceritakan kegiatan #MulaiBerubahDariRumah ala kamu dengan cara posting foto atau video di akun Instagram kamu, untuk info lebih lengkapnya langsung aja cek akun @sig.id. Jangan lupa ajak teman dan keluarga kalian untuk ikutan semua misi #MulaiBerubahDariRumah. Hadiah empat sepeda Brompton M6L, empat iPhone 12 128GB, dan saldo GoPay senilai Rp1.000.000,- untuk sepuluh orang sudah menanti tuh! (CSC)

Baca Juga: SIG sebagai Solusi Pembangunan Berkelanjutan Bangsa Indonesia

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya