Mensos Tinjau Gudang Logistik, Pastikan Stok Pangan dan Peralatan

Penyaluran bantuan bencana bisa dipercepat

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial RI (Kemensos) mengantisipasi kebencanaan dengan menyiapkan gudang logistik yang dilengkapi stok makanan dan peralatan. 

Saat meninjau gudang logistik di Jalan Lintas Sumatra Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, pada Selasa (11/5/2021) Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan adanya gudang logistik bisa mempercepat pengiriman bantuan saat terjadinya bencana. 

“Di gudang logistik perlu cara pengawetan sehingga saat terjadi bencana bantuan bisa cepat dikirim,” ujar Risma.

1. Menampung peralatan untuk penanggulangan bencana

Mensos Tinjau Gudang Logistik, Pastikan Stok Pangan dan PeralatanMenteri Sosial Tri Rismaharini meninjau gudang logistik di Jalan Lintas Sumatra Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, pada Selasa (11/5/2021). (Dok. Kemensos)

Lebih lanjut Risma menjelaskan, untuk di wilayah Barat terdapat gudang logistik di Kota Medan, Kota Padang, serta di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Gudang logistik juga menampung peralatan kebencanaan, seperti perahu karet dan perlengkapan evakuasi yang biasa digunakan oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana). 

Selain itu, ada juga tenda darurat hasil rancangan Mensos yang terbuat dari bahan terpal PVC yang bisa menurunkan suhu udara panas dan didesain anti angin.

“Sudah dicek model tenda darurat yang harus ada bolongan agar ada tiang penyangga, jadi jangan hanya lembaran terpal yang begitu saja,” terang Mensos.

Baca Juga: Mensos Risma Tekankan Semua Pegawai Kemensos Harus Jaga Integritas

2. Mempercepat penyaluran bantuan logistik

Mensos Tinjau Gudang Logistik, Pastikan Stok Pangan dan PeralatanMenteri Sosial Tri Rismaharini meninjau gudang logistik wilayah timur di Makassar, Selasa (20/4/2021) siang. (Dok. Kemensos)

Risma menilai, pengelolaan gudang logistik perlu ditata dengan baik supaya ribuan bahan makanan dan peralatan siap disalurkan dengan cepat jika terjadi bencana. 

Ia juga menekankan pengelolaan gudang logistik agar terintegrasi secara digital yang bisa menampilkan data isi gudang dan tidak lagi dalam bentuk kertas.

Dalam kunjungan tersebut, Mensos didampingi Bupati Ogan Ilir, Kepala BPBD Provinsi Sumatra Selatan, Direktur PSKBA, dan SKM Bidang Media Dan Komunikasi Massa.  

3. Belajar dari penanganan bencana di wilayah timur Indonesia

Mensos Tinjau Gudang Logistik, Pastikan Stok Pangan dan PeralatanKemensos dirikan posko darurat bencana banjir BRSPDM Budi Luhur Banjarbaru, Kecamatan Martapura, Kalimantan Selatan (Dok. Kemensos)

Efektivitas pengiriman logistik terhadap korban bencana menjadi perhatian Kemensos. Belajar dari bencana di wilayah timur Indonesia, pengiriman logistik dengan moda transportasi laut terkendala gelombang, dan jalur darat terkendala jalan yang rusak parah mengakibatkan pengiriman bagi para korban jadi terkendala.

Pada kesempatan itu, Mensos juga memberikan motivasi secara tertulis kepada Pelopor Perdamaian di Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS). (WEB)

Baca Juga: 5 Cara Mudah Cek Penerima Bansos 2021 Via cekbansos.kemensos.go.id

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya