Rapat dengan DPR, Mendes Paparkan 7 Program Prioritas Kemendes PDTT

Fokus pada pembangunan dan pemulihan ekonomi

Jakarta, IDN Times - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memaparkan program prioritas pembangunan desa untuk tahun anggaran 2022 saat menghadiri rapat dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Kamis (03/06/2021).

Ia menjelaskan, target kinerja prioritas Kemendes PDTT untuk tahun anggaran 2022 mengacu pada prioritas pembangunan nasional, yakni pemulihan ekonomi dan reformasi struktural.

"Tentu Kemendes PDTT berkewajiban untuk mengikuti alur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah secara makro pada prioritas nasional," kata pria yang kerap disapa Gus Menteri tersebut. 

1. Tujuh program prioritas

Rapat dengan DPR, Mendes Paparkan 7 Program Prioritas Kemendes PDTTMendes PDTT Abdul Halim Iskandar memaparkan program prioritas pembangunan desa untuk tahun anggaran 2022 saat menghadiri rapat dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Kamis (03/06/2021). (Dok. Kementerian PDTT)

Setidaknya, terdapat tujuh prioritas nasional yang ditetapkan, pertama memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan. Kedua, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan.

Ketiga, meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing. Keempat, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. Kelima, memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. 

Keenam, membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim. Dan yang terakhir adalah memperkuat stabilitas Polhukam dan transformasi pelayanan publik.

Baca Juga: Percepat Pemulihan Ekonomi, Kementerian PDTT Dukung Work From Bali

2. Revitalisasi BUMDes dan BUMDesma

Rapat dengan DPR, Mendes Paparkan 7 Program Prioritas Kemendes PDTTMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan kerja ke Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Sabtu (8/5). (Dok. Kemendes PDTT)

Lebih lanjut, Abdul Halim  merinci satu persatu rencana program berikut dengan alokasi anggaran Kemendes PDTT, untuk mendukung  tujuh target pembangunan nasional tersebut. Salah satunya adalah terevilitasinya BUMDes dan BUMDesma pada 2022.

"Prioritas nasional inilah yang menjadi yang menjadi dasar untuk menyusun target kinerja dan pagu indikatif di tahun 2022," terangnya.

3. Apresiasi DPR

Rapat dengan DPR, Mendes Paparkan 7 Program Prioritas Kemendes PDTTMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar melakukan halalbihalal dengan Seluruh Pendamping Desa dan pemulihan ekonomi dari desa secara virtual di Jakarta, Rabu (19/5/2021). (Dok. Kemendes PDTT)

Anggota Komisi V DPR RI, Fraksi PDIP, Hi Herson Mayulu, mengapresiasi rencana program dan capaian Kemendes PDTT. Ia menilai, perkembangan desa sudah sangat bagus dan selalu berkembang dari tahun ke tahun.

"Contohnya saja Pak Menteri, berdasarkan IDM dan sata yang ada, desa mandiri itu ada 2444. Tahun 2021 belum berakhir tapi jumlah desa mandiri ini justru semakin bagus, sudah ada di angka 2924. Ini tentu baik," katanya.

Senada dengan Herson, anggota Komisi V DPR RI, Sujadi, juga mengapresiasi kinerja Kemendes PDTT terutama terkait Masterplan Desa, yaitu program perencanaan pembangunan desa jangka panjang yang diinisasi Kemendes PDTT.

"Karena Masterplan Desa itu sangat penting, jangan sampai RPJMDes itu asal kuning. Pada waktu Kades punya visi dan misi harus nyambung dengan RPJMDes," kata politikus PDIP tersebut. (WEB)

Baca Juga: Kemendes PDTT Mulai Proses Pendaftaran BUMDesa, Begini Perkembangannya

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya