Menteri Desa PDTT Terima Kunjungan Wakil Bupati Merauke

Laporkan perkembangan program pembangunan

Jakarta, IDN Times - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menerima kunjungan Wakil Bupati Merauke H Riduwan dan Wakil Ketua DPRD Al Mar'atus Solikah di ruang kerjanya, Kamis (10/6/2021).

Pada pertemuan tersebut, keduanya memaparkan perkembangan program pembangunan di daerah ujung timur Indonesia itu, termasuk menjelaskan perihal daerah transmigrasi yang berada di Merauke. 

1. Kawasan transmigrasi perlu jadi perhatian

Menteri Desa PDTT Terima Kunjungan Wakil Bupati MeraukeMenteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghadiri Forum Komunikasi Transmigrasi (Forkasi) Regional II 2021 pada Kamis (27/5) di Jakarta. (Dok. Kemendes PDTT)

Menteri Halim pun menyambut baik kedatangan Riduwan dan Al Mar'atus Solikah sambil menyampaikan aspirasinya soal kabupaten yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini ini. 

Ia merasa perlu memberikan perhatian ke Merauke karena memang di wilayah itu banyak kawasan Transmigrasi yang memerlukan sentuhan program dari unit terkait di Kemendes PDTT. Halim juga sempat mengutarakan kesediaannya untuk menyambangi Merauke.

"Ya, nanti saya akan ke sana kunjungi Merauke," kata Gus Menteri, sapaan akrabnya.

Gus Menteri kemudian menyerahkan buku SDGs Desa kepada Riduwan dan berharap pemutakhiran data desa di Merauke segera tuntas.

Sebagai informasi, Kabupaten Merauke terdiri atas 20 distrik, 11 kelurahan, dan 179 kampung dengan luas wilayah 46.791,63 km² dan jumlah penduduk 447 juta jiwa.

Baca Juga: Percepat Pemulihan Ekonomi, Kementerian PDTT Dukung Work From Bali

2. Revitalisasi kawasan transmigrasi

Menteri Desa PDTT Terima Kunjungan Wakil Bupati MeraukeMendes PDTT Abdul Halim Iskandar menerima kunjungan Wakil Bupati Merauke H Riduwan dan Wakil Ketua DPRD Al Mar'atus Solikah di ruang kerjanya, Kamis (10/6/2021). (Dok. Kementerian PDTT)

Sementara itu, Wakil Bupati H Riduwan menyampaikan harapannya kepada Mendes PDTT untuk merevitalisasi kawasan transmigrasi di Kabupaten Merauke, seperti di Muting dan Salor.

Menurutnya, revitalisasi ini diyakini bisa mengurangi kesenjangan sosial yang ada di masyarakat.

"Pertumbuhan ekonomi di kawasan transmigrasi harus selaras dengan pertumbuhan ekonomi di desa-desa sekitarnya," ujar Riduwan.

3. Perbaiki infrastruktur

Menteri Desa PDTT Terima Kunjungan Wakil Bupati MeraukeMenteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. (Dok. Kementerian PDTT)

Selain itu, Riduwan mengatakan revitalisasi yang dimaksud juga termasuk soal perbaikan infrastruktur jalan dan perumahan yang kondisinya sudah tidak layak huni.

Dalam paparannya, ia menjelaskan bahwa stok beras di Merauke mengalami surplus dan mencukupi kebutuhan masyarakat. Namun, tidak terserap maksimal oleh pasar ditambah produksi kurang bagus karena tidak adanya program pengeringan.

"Semoga nantinya ada program Kemendes PDTT untuk Kabupaten Merauke," kata Riduwan. (WEB)

Baca Juga: Kemendes PDTT Mulai Proses Pendaftaran BUMDesa, Begini Perkembangannya

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya