Gelar Seni Budaya, Bupati Kediri Ajak Implementasi Nilai Pancasila

Peringati bulan Bung Karno

Jakarta, IDN Times - Memperingati Bulan Bung Karno, Pemerintah Kabupaten Kediri mengadakan acara Gelar Seni Budaya Daerah 2021. Acara bertajuk "Budaya Pemersatu Bangsa" ini dilaksanakan selama dua hari, dari 20 hingga 21 Juni 2021.

1. Menampilkan kesenian dan kebudayaan khas Kediri

Gelar Seni Budaya, Bupati Kediri Ajak Implementasi Nilai PancasilaPemerintah Kabupaten Kediri mengadakan acara Gelar Seni Budaya Daerah 2021. Acara bertajuk "Budaya Pemersatu Bangsa" ini dilaksanakan selama dua hari, dari 20 hingga 21 Juni 2021. (Dok. Pemkab Kediri)

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menjelaskan, alasan Juni menjadi bulan Bung Karno karena di bulan inilah sang proklamator lahir pada 1901 dan meninggal 51 tahun lalu. 

"Maka tidak ada salahnya kami, Pemerintah Kabupaten Kediri, memberikan penghormatan kepada Bapak Proklamator RI, Ir. Soekarno," ujarnya.

Dalam pagelaran tersebut, berbagai peninggalan sejarah dan kesenian ditampilkan untuk menunjukkan kebudayaan di Kabupaten Kediri. 

"Budaya ini diharapkan dapat merekatkan kebhinnekaan, budaya sebagai pemersatu bangsa,” kata Mas Bup, sapaan akrab Hanindhito.

Baca Juga: Bupati Kediri Wujudkan Kawasan Kampung Inggris Bebas Kumuh

2. Implementasi nilai Pancasila

Gelar Seni Budaya, Bupati Kediri Ajak Implementasi Nilai PancasilaBupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. (Dok. Pemkab Kediri)

Lebih lanjut Hanindhito mengatakan, melalui pagelaran seni budaya ini diharapkan kita semua dapat mewarisi dan meneladani semangat, pemikiran, dan sikap Bung Karno, serta mengimplementasikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Bulan Bung Karno ini mengingatkan kita pada perjuangan sang proklamator, yang juga mencetuskan konsep Pancasila sebagai dasar negara," tambahnya.

3. Digelar secara virtual

Gelar Seni Budaya, Bupati Kediri Ajak Implementasi Nilai PancasilaPemerintah Kabupaten Kediri mengadakan acara Gelar Seni Budaya Daerah 2021. Acara bertajuk "Budaya Pemersatu Bangsa" ini dilaksanakan selama dua hari, dari 20 hingga 21 Juni 2021. (Dok. Pemkab Kediri)

Mengingat masih di masa pandemik, Gelar Seni Budaya ini dilaksanakan secara virtual dan disiarkan langsung melalui Youtube Dhito Pramono dan Kominfo Kediri serta Instagram @mas.bup.

Mas Bup juga sekaligus kembali mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kondisi COVID-19 sedang tidak baik di Kabupaten Kediri Ketersediaan BOR meningkat, dalam sepekan naik 20 persen. Kalau hal ini terus terjadi 2 sampai 3 pekan ke depan, rumah sakit bisa collaps. Patuhi protokol kesehatan dalam setiap kesempatan,” tegas Mas Bup. (WEB)

Baca Juga: Keluarkan Surat Edaran, Bupati Kediri Tegaskan Berantas Pungutan Liar 

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya