Pemkab Kediri Serahkan Bantuan Pendidikan kepada 30 Pelajar

Bantuan berasal dari Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menggelar acara penyerahan bantuan sosial pendidikan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) di SMPN 1 Banyakan (15/11/21).

Ketua GNOTA Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindhito didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Sujud Winarko, serta Kepala Sekolah SMPN 1 Banyakan, Yusuf Pinang P, turut menghadiri kegiatan tersebut.

1. Para pelajar jadi harapan bangsa

Pemkab Kediri Serahkan Bantuan Pendidikan kepada 30 PelajarPemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menggelar acara penyerahan bantuan sosial pendidikan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) di SMPN 1 Banyakan (15/11/21). (Dok. Pemkab Kediri)

Dalam sambutannya, Ketua GNOTA Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindhito mengucapkan selamat kepada anak-anak yang menerima bantuan sosial pendidikan melalui GNOTA.

Sosok yang akrab disapa Mbak Chica ini mengatakan bahwa anak-anak ini adalah tumpuan harapan dari bangsa dan negara. Beliau pun sempat memberi pesan-pesan kepada para pelajar.

“Ada 4 hal yang dapat kalian lakukan. Pertama, sebagai anak harus selalu berbakti dan taat, dengan begitu kalian sudah meringankan beban orangtua. Selain itu, sebagai siswa, kalian harus selalu mematuhi peraturan dari guru dan sekolah,” katanya.

Baca Juga: Pemkab Kediri Tanggung Biaya Pendidikan Putra Awak KRI Nanggala-402

2. Memanfaatkan bantuan sebaik-baiknya

Pemkab Kediri Serahkan Bantuan Pendidikan kepada 30 PelajarPemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menggelar acara penyerahan bantuan sosial pendidikan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) di SMPN 1 Banyakan (15/11/21). (Dok. Pemkab Kediri)

Selain itu, Chica juga mengatakan anak-anak harus menggunakan kesempatan sebaik-baiknya melalui kegiatan-kegiatan yang positif, untuk menambah dan mengasah pengetahuan.

"Ketiga, kalian harus selektif dalam memilih teman. Pilihlah teman yang baik yang bisa memotivasi kalian untuk lebih berprestasi untuk menjadi yang lebih baik. Dan yang keempat selalu patuhi protokol kesehatan,” pesannya.

Ia pun berpesan agar anak-anak tidak menyia-nyiakan bantuan yang diterima. Chica berharap bantuan yang diberikan bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Belajarlah yang rajin, bercita-citalah yang tinggi untuk kelak membangun masa depan kalian dan juga Kabupaten Kediri. Jadi anak-anakku, selamat berkarya, belajar dan berprestasi,” ujarnya.

3. Penerima manfaat menerima bantuan sebesar Rp1 juta

Pemkab Kediri Serahkan Bantuan Pendidikan kepada 30 PelajarPelajar Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Banda Aceh mengibarkan-ngibarkan bendera merah putih pada pencanangan program Sekolah Ramah Anak di Banda Aceh, Aceh, Kamis (7/11/2019). Sekolah ramah anak merupakan program pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih, sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup serta menghargai hak-hak anak maupun perlindungan dari diskriminasi hingga kekerasan di lingkup sekolah. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sujud Winarko menjelaskan, bantuan diserahkan kepada 30 anak dari SMPN 1 Banyakan.

Penerima manfaat menerima bantuan sebesar Rp1 juta melalui Bank Jatim. Adapun kriteria penerima adalah para murid dari keluarga yang kurang mampu.

"Pendidikan sangat penting, jangan sampai anak-anak berhenti sekolah dikarenakan biaya. Di sini pemerintah daerah hadir untuk membantu masyarakat,” jelas Sujud. (WEB)

Baca Juga: Percepat Tracing, Pemkab Kediri Luncurkan Mobil PCR

Topik:

  • Ezri T Suro
  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya