Jalankan Pembangunan Berkelanjutan, Pemkot Madiun Raih Penghargaan

Kali ini penghargaan diberikan oleh KLHK

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Madiun Maidi menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Selain Wali Kota, penghargaan untuk kategori Pemerintah Daerah Kota Sedang tersebut juga diterima DPRD Kota Madiun. 

Saat menghadiri acara tersebut, Maidi mengatakan bahwa pembangunan fisik di daerah seharusnya tidak hanya memperhatikan fungsi dan estetika, tapi juga mempertimbangkan kelestarian lingkungan.

1. Mengajak masyarakat turut berbangga

Jalankan Pembangunan Berkelanjutan, Pemkot Madiun Raih PenghargaanWali Kota Madiun saat jadi pembicara dalam talk show bertema Peran Kepala Daerah Sebagai Green Leaders Dalam Peningkatan Green Economy, di Jakarta, Selasa (15/6/2021). (Dok. Pemkot Madiun)

Penghargaan tersebut Maidi terima menjelang peringatan HUT ke-103 Kota Madiun. Ia pun berharap seluruh masyarakat Kota Madiun bisa ikut berbangga atas pencapaian tersebut. 

“Ini adalah hadiah untuk ulang tahun kota kita tercinta yang ke-103 tahun,” tuturnya di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Orang nomor satu di Kota Pendekar itu juga mengatakan bahwa, penghargaan Nirwasita Tantra menjadi bukti apresiasi atas kinerja seluruh pihak selama ini. Khususnya, dalam hal pembangunan di Kota Madiun. 

“Seluruh jerih payah untuk membangun Kota Madiun dibayar lunas dengan penghargaan ini,’’ ujar Maidi.

Baca Juga: Pemkot Madiun Kembali Membuka Rusunawa Baru Bagi Warga Miskin

2. Pembangunan berkelanjutan menjadi fokus Pemkot Madiun

Jalankan Pembangunan Berkelanjutan, Pemkot Madiun Raih PenghargaanAcara penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Selasa (15/6/2021). (Dok. Pemkot Madiun)

Pada kesempatan tersebut Maidi juga didapuk menjadi pembicara dalam talk show bertema Peran Kepala Daerah Sebagai Green Leaders Dalam Peningkatan Green Economy. Hal itu ia manfaatkan untuk mengenalkan konsep pembangunan yang dilakukan Kota Madiun kepada peserta dan tamu. 

Ia menjelaskan bahwa upaya pembangunan kota dengan memperhatikan prinsip pembangunan berkelanjutan memang menjadi fokus perhatian Pemkot Madiun selama ini. Hal itu diperkuat dengan adanya program, kegiatan, dan kebijakan yang memperhatikan prinsip-prinsip tersebut. 

“Salah satunya, pembangunan kampung tematik, lapak UMKM, hingga trotoar yang multifungsi,” jelas Maidi.

3. Ucapan selamat dari Menteri KLHK

Jalankan Pembangunan Berkelanjutan, Pemkot Madiun Raih PenghargaanMenteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. (Dok. Pemkot Madiun)

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar memberikan ucapan selamat kepada seluruh kepala daerah dan DPRD yang menerima penghargaan.

Menteri Siti, tidaklah mudah untuk mendapatkan penghargaan ini. Sebab, proses seleksi dilakukan secara ketat dan panjang. Ia juga menjelaskan, total ada 21 provinsi, 57 kota, dan 146 kabupaten yang bersaing mendapatkan penghargaan tersebut.

‘’Penghargaan ini merupakan apresiasi pemerintah atas aktualisasi kepemimpinan yang berorientasi green maupun deep green dalam merumuskan program kerja dan kebijakan yang secara ketat menganut prinsip pembangunan berkelanjutan,’’ kata Siti Nurbaya. (WEB)

Baca Juga: Pemkot Madiun Terus Menambah Bangunan Ikonik

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya