Comscore Tracker

Fakta! Semua Orang Pasti Pakai 5 Barang Ini Setiap Hari

Ternyata oh ternyata

Jakarta, IDN Times  - Terkadang kita suka taking for granted sama suatu benda yang sering kita gunakan. Padahal, secara gak sadar kehidupan kita justru bisa jadi lebih mudah karena adanya beberapa barang tersebut. 

Seperti halnya minyak sawit. Ternyata sawit selalu ada di kehidupan kita lho! Mulai dari untuk memenuhi kebutuhan farmasi, membuat sabun, deterjen, pasta gigi, pakaian, hingga kosmetik.

Sawit sepertinya sudah gak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Selain itu, masih banyak lagi lho hal-hal yang menggunakan sawit sebagai salah satu bahan dalam pembuatannya. Apa saja bahan olahan dari tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia Ini? Yuk kulik lebih jauh!

1. Untuk bahan pembuatan minyak rambut dan lotion

Fakta! Semua Orang Pasti Pakai 5 Barang Ini Setiap HariBeberapa produk pomade (ShutterStock/MarteuszLopuszynski)

Beberapa produk body lotion atau cream yang sering kita gunakan sehari-hari juga banyak mengandung bahan campuran dari minyak kelapa sawit. Perlu diketahui, minyak kelapa sawit sendiri memiliki kandungan tokoferol dan tokotrienol yang merupakan bagian dari vitamin E. 

Tokotrienol dalam jumlah tinggi pada minyak kelapa sawit merah bermanfaat melindungi kulit dan rambut dari sinar matahari serta membantu memperbaiki jaringan kulit. Selain itu, dalam minyak sawit merah juga terdapat karoten, yang membantu melindungi kamu dari sinar radiasi UV layaknya lotion SPF 15. 

Nah buat kamu yang suka tampil dengan rambut bergaya trendy pasti akrab kan dengan pomade? Nah ternyata, pomade yang sering kamu gunakan agar tetap klimis sepanjang hari itu juga mengandung bahan dari kelapa sawit lho! 

Dalam pembuatannya, minyak kelapa sawit yang digunakan memiliki kualitas terbaik serta dicampur dengan bahan lain seperti parfum aroma, vitamin rambut, serta bahan-bahan lainnya diolah dengan mesin demi menjaga kesterilannya.

Baca Juga: Gak Cuma Minyak Goreng, 12 Produk Ini Ternyata Berbahan Sawit

2. Membuat lipstik, sabun, dan sampo

Fakta! Semua Orang Pasti Pakai 5 Barang Ini Setiap HariIlustrasi produk lipstik (ShutterStock/IamKulz)

Dalam pembuatan lipstik, minyak sawit digunakan karena bisa mempertahankan warna dengan baik, tidak meleleh pada suhu tinggi, dan memiliki rasa yang halus dan melembabkan bibir. Sementara untuk sampo dan sabun mandi, minyak sawit digunakan sebagai bahan pendingin yang membantu mengembalikan minyak alami rambut, menghilangkan kotoran dari rambut dan kulit. 

Pada prosesnya, setelah penggilingan minyak sawit kemudian dimurnikan sebelum diolah menjadi berbagai produk. Pemurnian ini akan menghasilkan minyak sawit RBD (refined, bleached, and deodorized).

Minyak sawit ini lalu digunakan sebagai bahan baku berbagai produk seperti sabun, deterjen, dan produk lainnya. Minyak sawit RBD merupakan bahan baku industri yang dijual di berbagai pasar komoditas di seluruh dunia.

3. Ada sawit di setiap olesan margarin

Fakta! Semua Orang Pasti Pakai 5 Barang Ini Setiap HariMengoles margarin untuk roti (ShutterStock/PixelShot)

Buat kamu yang sering menikmati sarapan pagi dengan roti dan margarin, tau gak bahwa margarin sebenarnya terbuat dari bahan baku palm oil

Pada dasarnya, margarin mempunyai sifat yang hampir sama dengan minyak. Hanya saja, ia bertekstur lebih kental serta akan mencair bila dipanaskan di atas api. Karena kesamaan keduanya, maka bahan pembuatnya pun juga sama yakni kelapa sawit. Minyak sawit digunakan dalam margarin karena padat pada suhu kamar dan bebas dari lemak trans.

Penggunaan kelapa sawit dalam proses pembuatan margarin tersebut ternyata lebih ribet daripada pengolahan minyak goreng. Selain itu, waktu yang diperlukan akan semakin banyak karena benar-benar harus menunggu produk mengental.

Selain margarin, minyak sawit juga terkandung hingga 20 persen dari berat sebungkus mie instan. Sawit digunakan untuk pra-memasak mie sehingga yang kita lakukan hanyalah tinggal menambahkan air panas.

4. Deterjen pakaian

Fakta! Semua Orang Pasti Pakai 5 Barang Ini Setiap HariSeorang bapak tengah menjemur pakaian bersama anaknya (ShutterStock/OduaImages)

Sawit juga ada saat kamu mencuci pakaianmu. Salah satu produk turunan CPO yang digunakan secara luas adalah sodium lauril sulfat (SLS). SLS merupakan surfaktan pada deterjen pakaian yang dapat melarutkan minyak dan kotoran ke dalam air, sehingga pakaian kita menjadi bersih. SLS juga membuat deterjen menghasilkan banyak busa.

Dengan minyak kelapa sawit yang terkandung, detergen membersihkan pakaian secara merata dan menyeluruh, serta membuat pakaian segar dan gak berbau.

5. Pembuatan bahan bakar alternatif biodiesel

Fakta! Semua Orang Pasti Pakai 5 Barang Ini Setiap HariIlustrasi lalu lintas yang sibuk perkotaan (ShutterStock/FuyuLiu)

Perhatian terhadap polusi lingkungan dan perubahan iklim, mendorong masyarakat untuk memilih bahan bakar alternatif lain selain bahan bakar fosil yang merupakan sumber daya alam tak terbarukan dan dianggap tidak memiliki aspek keberlanjutan.

Kelapa sawit juga bisa dimanfaatkan untuk membuat biodiesel atau bahan bakar mesin diesel berbasis kelapa sawit (CPO) yang dapat diperbaharui. Energi yang dihasilkan mesin diesel lebih baik dibandingkan solar. Biodiesel juga tidak mengeluarkan asap hitam berupa karbon atau CO2, sehingga bisa mengurangi konsumsi minyak bumi secara berlebih supaya gak punah. 

Itulah lima produk turunan sawit yang sering gak disadari ada di kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur hingga mengakhiri aktivitas seharian, manfaat sawit ada di sela-sela kehidupan kita dan tentunya membuat hidup kita jauh lebih mudah! (WEB)

Baca Juga: Manfaatkan Tanaman Sawit, Muba Ingin Jadi Sentral Energi Terbarukan 

Topic:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya