Tips Hindari Penipuan Berkedok Loker PT Pegadaian

Waspada rekrutmen palsu

Jakarta, IDN Times - PT Pegadaian mengimbau masyarakat untuk mewaspadai munculnya informasi rekrutmen menjadi karyawan PT Pegadaian. 

Peringatan tersebut disampaikan untuk menanggapi beredarnya informasi lowongan kerja palsu di masyarakat.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian, Basuki Tri Andayani, menyampaikan beberapa tips agar masyarakat terhindar dari modus penipuan tersebut.

“Pertama, jangan mudah percaya dengan informasi yang diterima. Kedua, lakukan konfirmasi ke outlet Pegadaian, call center 1500-569 atau nomor WhatsApp 0811-1500-569,” katanya.

1. Jangan mentransfer uang ke rekening orang tidak dikenal

Tips Hindari Penipuan Berkedok Loker PT PegadaianIlustrasi transfer melalui mesin ATM (unsplash.com)

Kemudian Basuki pun meminta masyarakat untuk tidak mentransfer uang ke rekening orang yang tidak dikenal dengan alasan biaya transportasi, akomodasi, atau biaya lainnya. 

“Keempat, abaikan atau blokir nomor handphone, email, atau akun media sosial penyebar informasi palsu tersebut. Dan kelima, laporkan ke pihak berwajib atau platform media sosial yang dipakai untuk melakukan tindak kejahatan,” ujar Basuki.

Baca Juga: Pegadaian dan ISEI Dukung Entrepreneur Muda Lewat Program HoKi 

2. Informasi loker bisa diakses di situs resmi Pegadaian

Tips Hindari Penipuan Berkedok Loker PT PegadaianIlustrasi pelayanan nasabah PT Pegadaian. (dok. Pegadaian)

Lebih lanjut Basuki mengatakan, informasi tentang rekrutmen karyawan selalu diinformasikan secara terbuka melalui website www.pegadaian.co.id.

Selain itu, proses rekrutmen Pegadaian juga dilaksanakan oleh konsultan profesional atau melalui Forum Human Capital Indonesia Kementerian BUMN (FHCI-KBUMN). 

“Rekrutmen karyawan PT Pegadaian tidak dipungut biaya. Apabila ada pihak-pihak yang minta transfer uang untuk biaya transportasi, akomodasi atau yang lainnya agar diabaikan atau dilaporkan ke pihak yang berwajib,” tegas Basuki.

3. Jumlah karyawan PT Pegadaian saat ini

Tips Hindari Penipuan Berkedok Loker PT PegadaianGedung Pegadaian. (Dok. Pegadaian)

Sebagai informasi, hingga saat ini pegawai PT Pegadaian berjumlah 13.400-an karyawan tetap dan 18.300-an karyawan alih daya. 

Operasional Pegadaian pun didukung oleh 4.086 outlet, 627 sentra layanan ultra mikro, dan 32.886 agen aktif. (WEB)

Baca Juga: Cara Menabung Emas di Pegadaian, Ini Syarat Lengkapnya

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya