Tokopedia Rilis GoPayLater Cicil, Metode Pembayaran Semakin Variatif

Bisa ubah transaksi belanja menjadi cicilan

Kalau kamu sering belanja online, pasti udah gak asing dong dengan marketplace hijau yang sedang berulang tahun ke-13. Yap, siapa lagi kalau bukan Tokopedia!

Nah baru-baru ini, Tokopedia memperkenalkan GoPayLater Cicil sebagai opsi tambahan pembayaran digital bagi pelanggan Tokopedia terpilih. Fitur terbaru ini dapat membantu pelanggan Tokopedia untuk mengubah transaksi belanja menjadi cicilan dengan pilihan satu, tiga, enam, atau 12 bulan.

GoPayLater Cicil mengusung proses yang terintegrasi mulai dari registrasi hingga pencairan, bekerja sama dengan institusi keuangan dan dukungan pendanaan bank, terutama Bank Jago sebagai mitra strategis GoTo.

Pengguna GoPayLater Cicil dapat menyesuaikan tenor pembayaran serta limit pinjaman. Selain aktivasi yang cepat dan mudah, GoPayLater Cicil juga transparan tanpa  biaya-biaya tersembunyi.

1. Transaksi dengan metode Pay Later terus meningkat

Tokopedia Rilis GoPayLater Cicil, Metode Pembayaran Semakin VariatifIlustrasi aplikasi Tokopedia. (dok. Tokopedia)

Vira Widiyasari selaku SVP of Fintech and Payment Tokopedia mengungkapkan kehadiran GoPayLater Cicil melengkapi opsi pembayaran dengan skema Pay Later di platform Tokopedia, yang merupakan bagian dari GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia. 

Berdasarkan data internal Tokopedia, antusiasme pelanggan Tokopedia dalam menggunakan metode Pay Later sangat besar. Hal itu tercermin dari tingginya jumlah transaksi dengan metode Pay Later yang meningkat hampir tiga kali lipat pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kehadiran GoPayLater Cicil sebagai pilihan pembayaran merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Kami akan terus mempermudah keseharian masyarakat Indonesia melalui kolaborasi-kolaborasi dalam ekosistem GoTo,” ujar Vira. 

Baca Juga: GoPay Coins: Cara Belanja Pakai GoPay Tanpa Kurangi Saldo

2. Inovasi di bidang fintech jadi upaya GoTo tingkatkan inklusi keuangan Indonesia

Tokopedia Rilis GoPayLater Cicil, Metode Pembayaran Semakin VariatifPengumudi Gojek membawa paket Tokopedia (Dok. GoPay)

Sementara itu Hans Patuwo selaku Direktur dan Head of Payments and Financial Services GoTo mengatakan bahwa GoPayLater Cicil semakin melengkapi pilihan pembayaran digital yang tersedia dalam ekosistem GoTo.

“Seiring dengan semakin mendalamnya integrasi bisnis dan meningkatnya use case antar-platform, kami akan memperoleh pemahaman yang lebih luas untuk underwriting dan data scoring,” kata Hans.

Dia menilai, hal tersebut akan memungkinkan pihaknya untuk berinovasi dan menghadirkan solusi keuangan yang inklusif, bertanggung jawab, dan relevan dengan kebutuhan pelanggan.

“Inovasi kami di bidang fintech merupakan salah satu bentuk upaya meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia,” tuturnya.

3. Layanan Beli Sekarang Bayar Nanti (BNPL) akan terus berkembang

Tokopedia Rilis GoPayLater Cicil, Metode Pembayaran Semakin VariatifIlustrasi Gopay (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, GoTo telah memperkenalkan opsi pembayaran digital GoPay di Tokopedia. Sejak hadir di platform Tokopedia, GoPay menjadi opsi pembayaran uang elektronik (e-money) yang paling banyak digunakan di platform tersebut, hingga mencapai 93 persen dari seluruh nilai transaksi e-money di Tokopedia pada kuartal pertama tahun 2022.

Pertumbuhan transaksi uang elektronik dan pinjaman digital menunjukkan bahwa inklusi keuangan di Indonesia masih dapat terus ditingkatkan, khususnya di tengah akselerasi digitalisasi selama pandemik.

Layanan pinjaman digital Beli Sekarang Bayar Nanti (BNPL) pun terus berkembang karena didukung proses pendaftaran yang mudah dan pencairan pinjaman dalam tempo singkat, sehingga layanan keuangan semakin mudah dijangkau.

Layanan ini diprediksi akan terus tumbuh di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, di mana sekitar 35 persen penduduk dewasa belum memiliki rekening bank. (WEB)

Baca Juga: 7 Tips Atur Keuangan dengan Gopay, Antiboncos! 

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya