Wabup Ciamis Sambut Kedatangan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman

Berkunjung ke situs cagar budaya Karangkamulyan

Jakarta, IDN Times - Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra bersama jajaran Forkopimda Ciamis, menyambut kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman.

Rombongan KSAD tiba pukul 08.30 WIB di situs cagar budaya Ciung Wanara atau dikenal juga situs Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Selasa (6/6). 

"Kami ucapkan selamat datang di Tatar Galuh Kabupaten Ciamis salah satu kabupaten agraris. Merupakan satu kebanggaan dan kehormatan bagi kami dapat dikunjungi oleh Pak KASAD," ucapnya.

1. KASAD Dudung laksanakan tabur bunga

Wabup Ciamis Sambut Kedatangan KSAD Jenderal Dudung AbdurachmanKepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan keterangan kepada wartawan usai pelantikan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/11/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Wabup pun sempat menerangkan, Ciamis termasuk salah satu kabupaten yang memiliki ribuan situs termasuk di antaranya Karangkamulyan. 

Adapun pada kunjungan tersebut KASAD Dudung bersama rombongan melaksanakan tabur bunga di petilasan pangcalikan atau singgasana raja situs Karangkamulyan. 

Baca Juga: Dorong Partisipasi Gen Z, 5 Hal Ini Berhasil Digagas Pemprov Jabar

2. Salah satu pusat kerajaan tertua di Indonesia

Wabup Ciamis Sambut Kedatangan KSAD Jenderal Dudung AbdurachmanHumas Ciamis

Situs Bojong Galuh Karangkamulyan, dikenal sebagai salah satu Petilasan Kerajaan Galuh yang sarat sejarah. 

Di lokasi ini terdapat beberapa situs peninggalan pada masa Kerajaan Galuh, seperti pangcalikan atau singgasana. 

"Karangkamulyan ini merupakan salah satu pusat kerajaan tertua di Indonesia yaitu Kerajaan Galuh dengan legendanya Ciung Wanara" ungkap Wabup Yana. 

3. Berharap dapat membawa berkah

Wabup Ciamis Sambut Kedatangan KSAD Jenderal Dudung AbdurachmanKepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman ketika berkunjung ke lokasi bekas terdampak erupsi Semeru pada Senin, 13 Desember 2021 (Dokumentasi Dispenad)

Lebih jauh ia menuturkan, pada abad ke-12 kerajaan Galuh pindah ke Kawali dan kemudian pada abad ke 15 kembali pindah ke Pakuan Bogor. 

Ia berharap dengan kedatangan KSAD di situs budaya tersebut dapat membawa keberkahan bagi masyarakat di Kabupaten Ciamis. 

"Mudah-mudahan dengan kunjungan ini dapat membawa keberkahan tersendiri bagi kami warga masyarakat Ciamis," ujarnya. (WEB)

Baca Juga: Pemprov Jabar Dorong BUMD Terapakan GCG dan Berdayakan UMKM! 

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya