Arus Balik, 111.700 Penumpang KA Jarak Jauh Tiba di Jakarta dan Bekasi

Arus mudik pengguna KA masih tinggi 

Jakarta, IDN Times - Arus balik pengguna kereta api telah terlihat sejak Rabu, 4 Mei 2022. Data PT Kereta Api Indonesia (KAI) menunjukkan, peningkatan angka kedatangan penumpang kereta jarak jauh telah terjadi sejak hari itu.

Hal itu terbukti lewat sejumlah stasiun di area Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, yang mulai menerima kedatangan penumpang kereta jarak jauh dengan volume cukup tinggi.

"Untuk Jumat, 6 Mei 2022 terdapat sekitar 39.300 penumpang yang datang di area Daop 1 Jakarta. Berdasarkan data kedatangan pada masa Angkutan Lebaran untuk Daop 1 Jakarta volume penumpang datang mengalami kenaikan tertinggi pada 5 sampai dengan 6 Mei 2022," ucap Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangan resmi, Jumat (6/5/2022).

KAI Daop 1 Jakarta memperkirakan kedatangan penumpang kereta masih akan mengalami peningkatan hingga 10 Mei 2022. Adapun sejak 4 hingga 6 Mei 2022 terdapat 111.700 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek.

Baca Juga: Ini Indikator Diterapkan One Way dan Contraflow di Arus Balik Lebaran 

1. Penumpang telah memenuhi syarat perjalanan

Arus Balik, 111.700 Penumpang KA Jarak Jauh Tiba di Jakarta dan BekasiSuasana Stasiun Gambir di puncak mudik Lebaran pada Kamis (28/4/2022) dini hari. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Seiring dengan peningkatan kedatangan tersebut, Eva memastikan, seluruh penumpang yang tiba di stasiun-stasiun KAI Daop 1 Jakarta telah memenuhi persyaratan untuk perjalanan penumpang kereta api.

Hal itu diketahui karena PT KAI telah melakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan, sehingga pada saat tiba di stasiun tujuan, penumpang tidak menjalani proses pemeriksaan berkas kembali.

"Untuk memperlancar arus penumpang turun di stasiun, Daop 1 Jakarta menempatkan sejumlah petugas, baik di area peron dan hall untuk membantu mengarahkan penumpang yang tiba, agar tidak berkerumun di satu lokasi tertentu saat akan menunggu penjemputan," tutur Eva.

Sementara itu, sejumlah petugas juga akan melakukan pemeriksaan ulang pada kereta api yang tiba, untuk memeriksa dan memastikan tidak ada barang penumpang yang tertinggal.

"Daop 1 Jakarta mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang datang agar memeriksa kembali seluruh barang bawaannya, sebelum turun dari kereta untuk menghindari risiko barang tertinggal," kata Eva.

2. Arus mudik pengguna kereta api masih tinggi

Arus Balik, 111.700 Penumpang KA Jarak Jauh Tiba di Jakarta dan BekasiSuasana Stasiun Gambir di puncak mudik Lebaran pada Kamis (28/4/2022) dini hari. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Di sisi lain, Eva mengatakan, volume penumpang berangkat atau arus mudik dari area Daop 1 Jakarta saat ini juga terbilang masih cukup tinggi.

Data pada Jumat (6/5/2022) menunjukkan ada 36 kereta api (KA) yang beroperasi di Stasiun Gambir, dengan delapan di antaranya merupakan KA tambahan. Adapun volume penumpang yang berangkat tercatat 10 ribu orang.

Kemudian, untuk di Stasiun Pasar Senen terdapat 29 KA yang beroperasi dengan dua di antaranya merupakan KA tambahan. Penumpang yang berangkat terpantau sebanyak 15.400 orang.

"Data tersebut hanya jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Jika ditambah dengan penumpang yang naik juga dari Bekasi, Karawang, Cikarang, Cikampek, dan Jakarta Kota, maka secara total terdapat 25.400 penumpang yang berangkat dari Daop 1 Jakarta pada hari ini," papar Eva.

Baca Juga: Jasa Raharja Harap Pemudik Arus Balik Setertib Arus Mudik

3. Ada lebih dari 485 ribu tiket terjual untuk keberangkatan dari stasiun di Daop 1 Jakarta

Arus Balik, 111.700 Penumpang KA Jarak Jauh Tiba di Jakarta dan BekasiIlustrasi Tiket Kereta Api dengan Barcode Status GeNose. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sebagai informasi, masa angkutan Lebaran untuk perjalanan KA ditetapkan sejak H-10 hingga H+10 Lebaran, atau sejak 22 April hingga 13 Mei mendatang.

Selama periode tersebut, dari area Daop 1 Jakarta terdapat sekitar 64 perjalanan KA Jarak Jauh per hari dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 37.400 per hari. Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh adalah 100 persen.
 
Pada kurun 22 April hingga 6 Mei 2022 sebanyak 485.200 tiket terjual untuk keberangkatan dari Daop 1 Jakarta. Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna di antaranya dengan tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya