Comscore Tracker

Catat! Mulai Tengah Malam Ini Jalan Layang MBZ Ditutup

Penutupan berlangsung dari 16 Juli hingga 22 Juli 2021

Jakarta, IDN Times - PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JJC) bakal menutup sementara akses keluar masuk Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) untuk membatasi mobilitas masyarakat sebelum dan sesudah libur hari raya Idul Adha 2021.

Selain itu, penutupan Jalan Layang MBZ juga dilakukan sebagai dukungan atas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dalam rangka pencegahan penyebaran penularan COVID-19.

"Kami akan menutup seluruh akses masuk dan keluar, baik untuk yang ke arah Cikampek maupun ke arah Jakarta. Kepada pelaku perjalanan di sektor esensial dan kritikal kategori dikecualikan dalam masa PPKM Darurat ini kami imbau untuk dapat menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah untuk dapat melanjutkan perjalanan dari dan atau menuju Cikampek," ujar Direktur Utama PT JJC, George IMP Manurung, dalam keterangan tertulis kepada IDN Times, Kamis (15/7/2021).

1. Penutupan Jalan Layang MBZ berlangsung selama sepekan

Catat! Mulai Tengah Malam Ini Jalan Layang MBZ DitutupJalan Layang MBZ, Sheikh Mohamed Bin Zayed. (IDN Times/Sunariyah)

George menambahkan bahwa penutupan Jalan Layang MBZ bakal berlangsung selama sepekan dan akan dimulai pada Jumat, 16 Juli 2021 mulai pukul 00.00 WIB hingga 22 Juli 2021 pukul 00.00 WIB.

Jalan layang tersebut akan kembali beroperasi normal pada 23 Juli 2021 pukul 00.01 WIB.

"Diharapkan penutupan Jalan Layang ini dapat mengendalikan laju mobilitas masyarakat ke luar masuk Jabodetabek selama libur Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah," kata George.

Baca Juga: Kemenhub dan Polri Perketat Penyekatan Jelang Libur Idul Adha

2. Akses masuk kendaraan ke Jalan Layang MBZ yang ditutup

Catat! Mulai Tengah Malam Ini Jalan Layang MBZ DitutupIlustrasi (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Untuk mempermudah penerimaan informasi terkait penutupan Jalan Layang MBZ, PT JCC membuat daftar akses masuk kendaraan ke jalan layang tersebut sebagai berikut.

- Akses masuk kendaraan dari arah Cawang menuju Cikampek

- Akses masuk kendaraan dari arah Jatiasih menuju Cikampek (Km 45A Jalan Tol JORR Seksi E)

- Akses masuk kendaraan dari arah Rorotan menuju Cikampek (Km 46B Jalan Tol JORR Seksi E)

- Akses masuk kendaraan dari Km 48B Jalan Tol Jakarta-Cikampek Bawah menuju Jakarta

3. 1.065 Titik Penyekatan Dibuat di Lampung, Jawa, Bali Jelang Idul Adha

Catat! Mulai Tengah Malam Ini Jalan Layang MBZ DitutupIlustrasi: Petugas kepolisian menghentikan kendaraan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sebelumnya diberitakan, Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono menjelaskan, pihaknya sudah mendirikan 1.065 titik penyekatan PPKM Darurat untuk pengamanan Idul Adha dari wilayah Lampung, Jawa hingga Bali.

Dari 1.065 titik itu di antaranya adalah 85 titik penyekatan di jalan tol, 6 di pelabuhan dan 974 di jalan non-tol. Meski demikan, kendaraan pengangkut logistik masih bisa melintas.

"Titik-titik penyekatan itu kita buat, kemudian kita lakukan pembatasan penyekatan selektif, yang bisa jalan hanya sektor esensial dan kritikal. Jadi persyaratan perjalanan tetap kita pedomani, SE Satgas," kata Istiono seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: 1.065 Titik Penyekatan Dibuat di Lampung, Jawa, Bali Jelang Idul Adha

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya