Di depan Pemuda Y20, Anies Baswedan Bicara Pentingnya Persatuan

"Keberagaman adalah anugerah Tuhan," kata Anies Baswedan

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berbicara tentang pentingnya persatuan kala menyambut delegasi Youth 20 (Y20) di Jakarta, Senin (18/7/2022) malam.

"Keberagaman adalah anugerah Tuhan. Lihat saja ruangan ini, semua orang berasal dari suku bangsa, negara berbeda, tetapi memilih untuk bersatu dan bekerja sama secara damai dan dewasa dan itu kita sendiri yang memutuskan," ucap Anies dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Selasa (19/7/2022).

Persatuan, sambung Anies, merupakan hal sangat penting dan perlu ditekankan dalam setiap sikap menghargai keberagaman. Hal itu jadi pembeda dengan pihak-pihak yang gagal mencapai persatuan.

Baca Juga: Lewat Y20, Millennial-Gen Z Indonesia Sumbang Aspirasi buat G20

1. Anies sayangkan negara-negara yang tidak bisa bersatu

Di depan Pemuda Y20, Anies Baswedan Bicara Pentingnya PersatuanGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam pertemuan Forum Y20 di Jakarta, Senin (18/7/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Anies pun melanjutkan bahwa keberagaman adalah hal jamak yang ada di dunia.

Namun, dia menyayangkan banyak negara yang justru tidak dapat saling berbicara satu sama lain dan bahkan enggan duduk di ruangan sama.

"Pesan ini semakin penting dewasa ini, mengingat perdamaian dunia kini terancam. Saya tekankan anak muda memiliki peran penting, lagi dan lagi. Yang menarik, anak muda memiliki lebih banyak hari esok daripada hari kemarin," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut.

Demi menekankan pentingnya persatuan, Anies pun bercerita tentang Kongres Pemuda II yang berlangsung pada Oktober 1928 silam. Kongres itu seperti diketahui menghasilkan Sumpah Pemuda yang mendeklarasikan bahwa rakyat Indonesia berbangsa satu dan menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia.

2. Pemprov DKI Jakarta mendukung Communique

Di depan Pemuda Y20, Anies Baswedan Bicara Pentingnya PersatuanIDN Times/Istimewa

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga menegaskan bahwa pihaknya siap mendukung tercapainya Communique.

Communique sendiri merupakan sebuah rekomendasi kebijakan yang akan dihasilkan di akhir KTT Y20. Anies pun juga mengingatkan untuk jangan menyepelekan Communique.

"Mungkin hari ini terlihat seperti hanya dokumen semata, tetapi mereka membuat sejarah. Biarkan sejarah yang berbicara. Nanti dokumen inilah yang akan mengubah perjalanan umat manusia ke depan karena yang berkumpul adalah lintas bangsa," papar Anies.

Baca Juga: Puan Buka KTT Y20: Anak Muda Diharapkan Beri Ide Atasi Masalah Global

3. Tentang Y20

Di depan Pemuda Y20, Anies Baswedan Bicara Pentingnya PersatuanKetua Pelaksana Y20 Indonesia 2022, Michael Victor Sianipar saat memberikan keterangan pers pra KTT Y20 di Lombok (IDN Times/Muhammad Nasir)

Y20 merupakan pertemuan pemuda dari negara-negara anggota G20 dan Indonesia pada tahun ini menjadi tuan rumah Y20 2022.

Setidaknya ada empat bidang prioritas yang diusung dalam Y20 2022. Pertama ketenagakerjaan muda, kemudian transformasi digital, lalu planet yang berkelanjutan dan layak huni serta keempat adalah keragaman dan inklusi.

Sementara itu, Indonesian Youth Diplomacy (IYD), organisasi nirlaba kepemudaan, menjadi tuan rumah resmi untuk menyambut delegasi muda Y20 dari berbagai negara.

Sebelum KTT Y20 Indonesia 2022 digelar, terdapat empat Pra-KTT untuk masing-masing bidang prioritas yang akan diadakan secara terpisah di empat kota di Indonesia, yakni Palembang (Pra-KTT Pertama), Lombok (Pra-KTT Kedua), Balikpapan (Pra-KTT Ketiga), dan Manokwari (Pra-KTT Keempat).

Adapun acara puncak KTT Y20 digelar di DKI Jakarta dan Bandung.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya