Mensos: Bansos Buat Anak Yatim Siap Disalurkan September 

"Belum diputuskan berapanya, masih dihitung."

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial, Tri Rismaharini, menyatakan pemerintah siap memberikan bantuan sosial (bansos) untuk anak yatim. Pemberian bansos untuk anak yatim tersebut sejalan dengan upaya pemerintah memperluas distribusi bansos menjelang akhir tahun ini, terutama jenis Program Keluarga Harapan (PKH).

Kendati begitu, Risma mengungapkan belum ada kepastian soal anggaran dan target untuk bansos anak yatim tersebut. Adapun bansos tersebut diharapkan bisa mulai disalurkan pada September nanti.

"Belum diputuskan berapanya, masih dihitung, tapi mungkin yang sudah disetujui untuk penambahan untuk anak yatim, kemudian disabilitas, lansia yang tunggal," ucap Risma kepada awak media selepas Sidang Tahunan MPR RI di Kompleks DPR-MPR, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Risma menambahkan, pihaknya kini telah mengantongi data anak yatim yang bakal diberikan bansos tersebut. Targetnya sendiri merupakan anak yatim yang tinggal di panti asuhan maupun tinggal sendiri.

Bansos buat anak yatim dipandang Risma mendesak diberikan karena mereka termasuk golongan yang tidak tersentuh di susunan keluarga atau tidak masuk data keluarga penerima manfaat PKH.

Terkait anggarannya, Risma mengakui telah menjalin komunikasi dengan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati.

"Sudah koordinasi, kita sudah mulai rapat," ucap Risma.

Baca Juga: Buntut ACT, Mensos Risma Bentuk Satgas Gandeng MA hingga KPK

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya