PA 212 Desak Pemerintah Segera Bantu Palestina dari Serangan Israel

Pemerintah harus lobi-lobi ke dunia internasional

Jakarta, IDN Times - Serangan Israel ke Palestina, khususnya di kompleks Masjid Al-Aqsha dalam beberapa hari terakhir mendapat kecaman dari banyak pihak. Salah satunya datang dari dalam negeri, Dewan Tanfidzi Nasional Persaudaraan Alumni (DTN PA) 212.

Melalui keterangan tertulis, DTN PA 212 menyampaikan beberapa sikapnya terkait serangan Israel ke Palestina tersebut.

"Sehubungan dengan adanya serangan penjajah Israel ke Masjid Al-Aqsha dan umat Islam yang sedang salat di dalamnya serta agresi militer ke Gaza, Palestina, maka DTN PA 212 menyatakan sikap sebagai berikut, pertama mengutuk keras serangan biadab penjajah Israel ke Masjid Al-Aqsha dan umat Islam di Tepi Barat serta agresi militer ke Gaza, Palestina," kata Ketua Umum DTN PA 212 Slamet Maarif, Rabu (12/5/2021).

Baca Juga: Mahmoud Abbas: Kekerasan di Palestina Salah Arah, Perdamaian Terancam!

1. DTN PA 212 mendesak pemerintah segera membantu Palestina

PA 212 Desak Pemerintah Segera Bantu Palestina dari Serangan IsraelSeorang pria Palestina berdoa ketika polisi Israel berkumpul selama bentrokan di kompleks yang menampung Masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh muslim sebagai Suaka Mulia dan kepada orang Yahudi sebagai Temple Mount, di tengah ketegangan atas kemungkinan penggusuran beberapa keluarga Palestina dari rumah-rumah di wilayah yang diklaim oleh pemukim Yahudi di lingkungan Sheikh Jarrah, di Kota Tua Yerusalem, Jumat (7/5/2021) (ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad)

Lebih lanjut, Slamet mengatakan, pemerintah Indonesia harus segera memberikan bantuan untuk Palestina. Caranya adalah dengan mulai melakukan lobi-lobi ke dunia internasional agar menjatuhkan sanksi ke Israel.

"Pemerintah Indonesia harus segera melakukan lobi-lobi yang lebih konkret dengan dunia internasional, untuk memberikan sanksi kepada Israel yang kembali melakukan kejahatan kemanusiaan dan melanggar konvensi internasional soal Jerusalem Timur dan Masjid Al-Aqsha," kata dia.

2. DTN PA 212 ingin dunia juga segera menjatuhkan sanksi kepada Israel

PA 212 Desak Pemerintah Segera Bantu Palestina dari Serangan IsraelPolisi Israel berkumpul selama bentrokan dengan warga Palestina di kompleks yang menampung Masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh muslim sebagai Suaka Mulia dan kepada orang Yahudi sebagai Temple Mount, di tengah ketegangan atas kemungkinan penggusuran beberapa keluarga Palestina dari rumah-rumah di wilayah yang diklaim oleh pemukim Yahudi di lingkungan Sheikh Jarrah, di Kota Tua Yerusalem, Jumat (7/5/2021) (ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad)

Selain pemerintah, Slamet juga mendesak berbagai organisasi dunia seperti Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Organisasi Kerja sama Islam (OKI), dan Liga Arab serta Komunitas HAM Internasional mengambil keputusan terkait serangan Israel kepada Palestina.

"Agar segera bersidang dan mengambil langkah konkret untuk menyelamatkan Masjid Al-Aqsha dan Palestina, kemudian menjatuhkan sanksi atas terorisme Israel," kata Slamet.

3. DTN PA 212 mengajak seluruh umat Islam mendoakan rakyat Palestina

PA 212 Desak Pemerintah Segera Bantu Palestina dari Serangan IsraelInstagram/amarselan

Dalam penyampaian sikapnya tersebut, Slamet mewakili DTN PA 212 juga meminta agar seluruh umat Islam terus mendoakan rakyat Palestina, salah satunya dengan qunut nazilah. Tak ketinggalan juga untuk mulai berdonasi kepada rakyat Palestina.

"Mengajak umat Islam untuk segera memberikan bantuan kemanusiaan seperti mengirimkan obat-obatan, bahan makanan, dan lainnya ke Palestina melalui lembaga-lembaga kemunusiaan yang terpercaya," tutur Slamet.

Baca Juga: Menlu Retno: Sudah Terlalu Lama Hak Warga Palestina Digrogoti Israel

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya