PPKM Diperpanjang, 4 Kota Ini Akan Punya Tempat Isolasi di Kapal Pelni

4 kota itu adalah Bitung, Bandar Lampung, Sorong, dan Medan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah memutuskan memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2, 3, dan 4 di luar Jawa-Bali selama dua pekan alias dari 10 Agustus hingga 23 Agustus 2021.

Sejalan dengan hal tersebut dan sesuai arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa pemerintah menyiapkan fasilitas isolasi terpusat di luar Jawa-Bali.

"Pemerintah juga mempersiapkan isolasi terpusat di luar Jawa-Bali dengan mempertimbangkan kasus yang ada dan pemerintah akan memanfaatkan fasilitas kapal Pelni yang disediakan Kemenhub, bekerja sama dengan BNPB, Kemenkes, dan Pemda," kata Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN), dalam konferensi pers evaluasi PPKM secara virtual, Senin (9/8/2021) malam.

1. Sebanyak 4 kota jadi pilot project fasilitas isolasi terpusat menggunakan kapal Pelni

PPKM Diperpanjang, 4 Kota Ini Akan Punya Tempat Isolasi di Kapal PelniIlustrasi Infrastruktur (Kapal Laut) (IDN Times/Arief Rahmat)

Airlangga menambahkan, pemerintah berencana mempersiapkan fasilitas isolasi terpusat menggunakan kapal Pelni tersebut di empat kota.

"Untuk awal akan dipersiapkan di empat kota, yaitu Medan, Bitung, Sorong, dan Bandar Lampung," ujar dia.

Adapun, saat ini baru dua pemerintah daerah yang telah menjalin komunikasi dengan Kemenhub dan PT Pelni terkait isolasi terpusat tersebut. Mereka adalah Pemerintah Kota Bandar Lampung dan Pemerintah Kota Bitung.

Kapal Pelni yang dipersiapkan untuk isolasi terpusat di Bandar Lampung adalah KM Lawit, dengan posisi berlabuh saat ini di Semarang. KM Lawit diketahui memiliki kapasitas hingga 437 tempat tidur.

Sementara itu, kapal Pelni yang dipersiapkan untuk isolasi terpusat di Bitung adalah KM Tatamailau, dengan posisi berlabuh saat ini di Bitung. Kapal tersebut memiliki kapasitas hingga 489 tempat tidur.

Baca Juga: [BREAKING] PPKM di Luar Jawa-Bali Diperpanjang hingga 23 Agustus 2021 

2. Pembiayaan fasilitas isolasi terpusat dari anggaran PEN

PPKM Diperpanjang, 4 Kota Ini Akan Punya Tempat Isolasi di Kapal PelniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam presentasinya, Airlangga menyampaikan bahwa pembiayaan untuk fasilitas isolasi terpusat menggunakan kapal Pelni disiapkan pemerintah pusat melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Beberapa komponen biayanya antara lain untuk pemda dalam hal penyediaan tenaga kesehatan dan dukungan atau kerja sama rumah sakit pengampu.

Kemudian untuk Kemenkes guna membeli obat-obatan, vitamin, Reagen PCR, biaya perawatan, dan insentif bagi tenaga kesehatan.

Terakhir, biaya digunakan untuk BNPB atau Satgas guna penyediaan biaya operasional seperti katering, perlengkapan, pembersihan, internet, dukungan personel, dan lain-lain.

3. Isolasi terpusat juga menggunakan fasilitas bangunan di daerah

PPKM Diperpanjang, 4 Kota Ini Akan Punya Tempat Isolasi di Kapal PelniRumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selain menggunakan kapal Pelni, isolasi terpusat di daerah luar Jawa-Bali juga dibuat menggunakan fasilitas gedung yang disediakan oleh Kementerian Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Fasilitas gedung di daerah dipersiapkan oleh Kementerian PUPR bersama BNPB antara lain menggunakan wisma atlet, asrama haji, pusat diklat, dan rumah susun dan ini sudah diidentifikasi di berbagai daerah, termasuk di Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, NTT, dan Papua," ujar Airlangga.

Baca Juga: [WANSUS] Menelisik Fenomena Kematian Pasien COVID-19 Isolasi Mandiri

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya