Sentra Vaksinasi COVID-19 di Istora Senayan Tidak untuk Semua Kalangan

Target 5 ribu orang divaksinasi setiap hari

Jakarta, IDN Times - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membantah kabar yang menyebutkan sentra vaksinasi COVID-19 di Istora Senayan, Jakarta, ditujukan untuk semua kalangan.

Dalam kabar yang beredar di media sosial dan kemudian viral disebutkan juga sentra vaksinasi COVID-19 di Istora Senayan, bisa untuk siapa saja hanya dengan membawa KTP dan tak perlu mendaftar.

"Sentra vaksinasi BUMN dan Kementerian BUMN itu adalah untuk pegawai publik dan lansia yang terdata di DKI Jakarta. Jadi bukan masyarakat umum. Jadi ini hoaks tersebar dan perlu kami luruskan, agar jangan sampai membuat vaksinasi kita jadi berantakan," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga: Ramai Surat Vaksinasi Jadi Syarat Perjalanan, Ini Penjelasan Kemenkes

1. Mengganggu jalannya proses vaksinasi

Sentra Vaksinasi COVID-19 di Istora Senayan Tidak untuk Semua KalanganSuasana Vaksinasi Wartawan dan Pekerja Media (IDN Times/Reynaldi Wiranata)

Arya mengatakan, sentra vaksinasi COVID-19 tersebut merupakan upaya Kementerian BUMN untuk mendukung vaksinasi nasional. Sementara, soal target vaksinasi pejabat publik dan lansia sudah diatur sejak awal sebagai target vaksinasi gelombang kedua.

Tak heran jika hoaks yang tersebar di media sosial, menurut Arya, dapat mengganggu proses vaksinasi nasional.

"Hoaks ini adalah langkah yang tidak baik yang dilakukan pihak tertentu, terhadap upaya yang dilakukan pemerintah untuk secepatnya melakukan vaksinasi dan mengutamakan pelayanan publik dan lansia untuk saat ini," ujarnya.

2. Target 5 ribu orang divaksinasi setiap hari

Sentra Vaksinasi COVID-19 di Istora Senayan Tidak untuk Semua KalanganSuasana Vaksinasi Wartawan dan Pekerja Media (IDN Times/Rochmanudin)

Sentra vaksinasi COVID-19 di Istora Senayan ditargetkan bisa memvaksinasi 5 ribu pendaftar setiap harinya. Selain itu, program tersebut juga bakal dijalankan selama empat bulan berturut-turut.

Adapun terkait data peserta diperoleh melalui pendaftaran dan pendataan berbasis teknologi dari Kementerian BUMN dan Kementerian Kesehatan.

Selain di Jakarta, sentra vaksinasi COVID-19 ini juga direncanakan bakal digelar di kota-kota lain yang membutuhkan percepatan vaksinasi.

3. Kolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain

Sentra Vaksinasi COVID-19 di Istora Senayan Tidak untuk Semua KalanganANTARA FOTO/Fauzan

Sentra vaksinasi COVID-19 merupakan inisiatif yang digagas Kementerian BUMN bersama Kementerian Kesehatan, Pemprov DKI Jakarta, dan Indonesia Healthcare Corporation.

Sentra vaksinasi COVID-19 mulai digelar sejak Senin, 9 Maret 2021 dan ditujukan khusus untuk lansia dan pegawai publik yang sudah terdaftar.

Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong percepatan program vaksinasi nasional, demi mencapai target 1 juta vaksin per bulan.

Baca Juga: Jokowi Terbang ke Yogya dan Jawa Tengah Cek Vaksinasi Massal COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya