Comscore Tracker

Wagub Papua Meninggal, Tito Karnavian: Beliau Putra Terbaik Papua

Tito mengenal almarhum sejak jadi Kapolda Papua 2012

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan pesan duka cita atas meninggalnya Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, pada Jumat (21/5/2021) di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.

"Kami dari Kemendagri, pemerintah pusat turut berduka cita sedalam-dalamnya, semoga beliau istirahat dengan tenang," kata Tito, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal Meninggal Dunia di RS Abdi Waluyo

1. Tito kenang Klemen sebagai putra terbaik Papua

Wagub Papua Meninggal, Tito Karnavian: Beliau Putra Terbaik PapuaWakil Gubernur Papua, Klemen Tinal (ANTARA FOTO/Humas Pemprov Papua)

Dalam kenangannya, Tito menilai Klemen merupakan sosok putra terbaik Papua. Hal itu berdasarkan pengalamannya mengenal Klemen pada 2012, kala ia pertama kali menjabat sebagai Kapolda Papua.

"Beliau saat itu juga running dengan Bapak Lukas Enembe sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua," sambung Tito.

2. Pemerintahan di Papua tetap berjalan normal

Wagub Papua Meninggal, Tito Karnavian: Beliau Putra Terbaik PapuaGubernur Papua Lukas Enembe (kiri) dan Wakil Gubernur Klemen Tinal (kanan) usai dilantik di Istana Negara pada 5 September 2018 (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Kendati tengah dalam situasi berduka, Tito memastikan, pemerintahan Provinsi Papua tetap berjalan normal pasca- berpulangnya Klemen Tinal.

"Kami, Kemendagri akan tetap mengawal pemerintahan tetap berjalan," imbuh Tito.

Klemen dilantik menjadi Wakil Gubernur Papua bersama Gubernur Papua Lukas Enembe pada 2018.

3. Kemendagri masih mengurus upaya pemakaman jenazah ke Papua

Wagub Papua Meninggal, Tito Karnavian: Beliau Putra Terbaik PapuaIlustrasi Papua (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benni Irwan menyatakan Klemen meninggal di RS Abdi Waluyo Menteng pada Jumat pukul 04.00 WIB. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemprov Papua mengenai pengurusan jenazah.

"Kemendagri sudah berkoordinasi dengan pemda dan masih menunggu rencana tindak lanjut dari pemda provinsi untuk penyelenggaraan jenazah almarhum," kata Benni.

Sementara, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Syafrizal mengatakan, belum tahu penyakit yang diidap Klemen. Saat ini, jenazah Klemen sedang disemayamkan di RSPAD Gatot Subroto. 

"Selama ini justru saya tidak pernah mendengar Beliau sakit," kata Syafrizal ketika dikonfirmasi hari ini.

Satu hal yang pasti, Klemen telah berada di Jakarta selama beberapa hari guna menjalani pengobatan intensif.

Rencananya setelah disemayamkan di Jakarta, jasad Klemen akan diterbangkan ke Jayapura menumpang pesawat Garuda Airlines, Sabtu (22/5/2021). Di Jayapura, jenazah Klemen akan disemayamkan di Gedung Negara Jayapura, kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Dance Yulian Flassy.

Usai disemayamkan di Jayapura, jasad Klemen akan diterbangkan ke Timika, Minggu (23/5/2021), menumpang pesawat herkules milik TNI. Kemudian, jenazah mendiang Klemen akan dimakamkan pada Senin (24/5/2021) di pendopo milik almarhum di Timika, Kabupaten Mimika.

Pada Sabtu pagi (22/5/2021), upacara penghormatan bagi jenazah Wagub Papua Klemen Tinal akan langsung ditangani Pemprov Papua dan tidak akan melakukan upacara secara militer. Kendati, rencana itu masih menunggu persetujuan pihak keluarga.

4. Menteri Kabinet Indonesia Maju berduka atas meninggalnya Wagub Papua Klemen Tinal

Wagub Papua Meninggal, Tito Karnavian: Beliau Putra Terbaik PapuaMenteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju lain juga turut menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya Wakil Gubernur Provinsi Papua. Dalam ucapannya itu, para menteri mendoakan agar Klemen, tokoh masyarakat Papua kelahiran Beoga itu, mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan ucapan bela sungkawa atas wafatnya Klemen. Ia juga berharap keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

“Menko PMK @muhadjir_effendy beserta keluarga besar #KemenkoPMK mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Wakil Gubernur Provinsi Papua Bapak Klemen Tinal. Semoga diberikan tempat yang indah di sisi Tuhan dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” kata Kementerian Koordinator Bidang PMK sebagaimana dikutip dari akun Twitter @kemenkopmk, Jumat.

Dalam kesempatan berbeda, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali juga menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga Klemen Tinal. “Menpora Zainudin Amali beserta segenap keluarga besar Kemenpora RI mengucapkan turut berduka cita,” kata Kemenpora RI lewat unggahannya di akun Twitter @KEMENPORA_RI.

Klemen, selain menjabat sebagai wakil gubernur, juga aktif memimpin Pengurus Besar Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PB Porserosi). Kleman semasa hidupnya juga menjabat sebagai wakil ketua unum Pengurus Besar Pesta Olahraga Nasional (PON) XX --acara olahraga terbesar di Indonesia yang dijadwalkan berlangsung di Papua tahun ini.

Baca Juga: Mendagri: Sangat Memalukan! Gubernur Papua Masuk Papua Nugini Ilegal 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya