Comscore Tracker

150 Jemaah Haji Mimika Berangkat ke Tanah Suci

Sebanyak 150 jemaah haji asal Mimika dikumpulkan di Makassar

Timika, IDN Times - Sebanyak 150 jemaah haji asal Mimika segera berangkat ke Tanah Suci, melalui Makassar. Keberangkatan 150 jemaah haji tersebut akan dilakukan secara serentak, namun mereka diterbangkan ke Makassar dalam dua kloter.

Pada Senin (27/6/2022), sebanyak 54 jemaah haji Mimika diberangkatkan ke Makassar dan dilepas oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, di Bandara Mozes Kilangin Timika. Sebelumnya, 96 jemaah lain sudah berangkat lebih dulu dan dikumpulkan di Makassar.

"Hari ini secara resmi kami melepas dan melihat mereka yang terakhir dari Mimika. Jumlah keseluruhan untuk Timika, 150 jemaah. Yang berangkat kloter terakhir ini, 54 orang jemaah haji," kata John di Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika, Senin (25/6/2022).

Baca Juga: Cerita Eme, Tukang Becak yang Naik Haji Bareng Istri Tahun Ini

1. 150 jemaah haji Mimika ditampung di Embarkasi Makassar

150 Jemaah Haji Mimika Berangkat ke Tanah SuciKeluarga yang mengantar calon Jemaah Haji saat akan berangkat ke Makasar Ricky Lodar/IDN Times

Jemaah haji Mimika berkumpul di Embarkasi Makassar dan berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanudin. Sebelumnya, mereka harus melakoni pemeriksaan kesehatan dan dilepas secara resmi oleh otoritas terkait, termasuk pemerintah Kabupaten asal jemaah.

"Kabupaten Mimika juga diundang. Atas nama Pemerintah Kabupaten, kami mengucapkan selamat jalan. Kami tadi berpesan, mereka berangkat dengan jumlah yang sama, kami juga berharap kembali dengan jumlah yang sama," kata John.

2. Rata-rata calon jemaah haji dari Mimika sudah lansia

150 Jemaah Haji Mimika Berangkat ke Tanah SuciCalon jemaah Haji asal Mimika saat melapor ke petugas bandara Mosez Kilangin Timika Ricky Lodar/ IDN Times

Ratusan calon jemaah haji asal Mimika kebanyakan sudah memasuki usia lanjut. Usia mereka sudah melewati 65 tahun.

Sebanyak 150 jemaah itu juga sudah mendapatkan vaksin COVID-19 lengkap sebagai salah satu syarat melaksanakan ibadah haji.

3. Diharapkan menjadi hari yang mabrur

150 Jemaah Haji Mimika Berangkat ke Tanah SuciCalon jemaah Haji asal Mimika saat akan melapor ke petugas bandara Mosez Kilangin Timika sebelum berangkat ke Makasar

John berpesan agar seluruh calon jemaah haji selalu menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji di Arab Saudi. Sehingga, mereka bisa mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji.

"Kami berharap, mereka bisa mendoakan kabupaten Mimika agar aman, tenteram dan bertoleransi tinggi. Selamat jalan, jaga kesehatan dengan baik dan kembali ke keluarga menjadi haji yang mabrur," kata John. 

Baca Juga: Cerita Jemaah Haji Disabilitas Asal Riau Akhirnya Bisa ke Tanah Suci

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya