Atase Selandia Baru Dukung Upaya Pembebasan Pilot Susi Air oleh Polri

Upaya negosiasi tengah dilakukan

Timika, IDN Times - Atase Kepolisian Selandia Baru melakukan pertemuan tertutup dengan Polri di Papua dalam rangka upaya penyelamatan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrten yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Dalam pertemuan tersebut, Atase Kepolisian Negara Selandia Baru mendukung langkah Polri, dalam hal ini Polda Papua untuk upaya penyelamatan tersebut. 

Hal tersebut disampaikan Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D Fakhiri, usai menggelar pertemuan dengan Atase Kepolisian Selandia Baru di Mako Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Papua, Distrik Kuala Kencana, Mimika, Papua Tengah, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga: Pilot Susi Air Jadi Jaminan Politik KKB: Akui Dulu Papua Merdeka!

1. Pertemuan bahas langkah-langkah penyelamatan sandera

Atase Selandia Baru Dukung Upaya Pembebasan Pilot Susi Air oleh PolriKapolda Papua, Irjen Pol. Mathius Fakhiri saat menggelar jumpa pers, IDN Times/ Istimewa

Mathius mengatakan, pertemuan tersebut digelar untuk membahas langkah-langkah penanganan yang dilakukan pihak kepolisian Indonesia terhadap pilot Susi Air yang disandera KKB di Nduga.

"Ini hubungan police to police, karena warga negara dari negara lain tetap harus dilindungi. Sama seperti kalau kita berada di luar negeri, sama juga harus diselamatkan dan dilindungi," kata Mathius. 

Baca Juga: Pilot Susi Air Masih Disandera KKB, TNI-Polri Siapkan Tim Evakuasi

2. Atase Kepolisian Selandia Baru dukung langkah Polri

Atase Selandia Baru Dukung Upaya Pembebasan Pilot Susi Air oleh PolriKapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri saat menyampaikan sambutan IDN Times/ Istimewa

Kapolda mengungkapkan, pihaknya memaparkan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh Polri tentang penyelamatan pilot Susi Air tersebut. Antara lain melalui upaya pendekatan negosiasi para tokoh-tokoh di Nduga dengan KKB dan penegakan hukum apabila negosiasi menemui jalan buntu.

"Kami sampaikan kepada beliau, kami utamakan upaya pendekatan negosiasi untuk menyelamatkan pilot tersebut," kata Mathius. 

Setelah menyampaikan langkah-langkah tersebut, ujar Mathius, pihak Atase Kepolisian Selandia Baru sangat mendukungnya.

"Tentunya siapapun menginginkan warga negaranya selamat. Menurutnya, apa yang dilakukan Polri sudah benar," tuturnya. 

Baca Juga: Kapolda Papua Ungkap Penyebab Susi Air Dibakar KKB di Nduga

3. Kapolda minta dukungan masyarakat

Atase Selandia Baru Dukung Upaya Pembebasan Pilot Susi Air oleh PolriPilot Susi Air saat bersama Egianus Kogoya dan pasukannya. (Dok. TPNPB-OPM)

Lebih lanjut, orang nomor satu di jajaran Polda Papua itu menambahkan, pihaknya tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari masyarakat.

Untuk itu, ia memohon dukungan kepada seluruh masyarakat dan pihak-pihak terkait sehingga upaya penyelamatan pilot Susi Air dapat berjalan dengan baik.

"Kita upaya maksimal dan kami minta dukungan dari semua masyarakat," ucap Mathius.

Baca Juga: TPNPB OPM Sebar Foto dan Video Kondisi Pilot Susi Air

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya