Buru KKB Egianus Kogoya, TNI-Polri Kuasai Paro hingga Mapenduma

Kelompok Egianus Kogoya sudah keluar dari Paro

Timika, IDN Times - Pasukan TNI-Polri saat ini telah menguasai beberapa wilayah di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Mulai dari Paro, Alguru, Mugi hingga Mapenduma.

Sementara, informasi yang diterima, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sudah bergeser dari lokasi awal di sekitar Paro bersama pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Merhtens.

Baca Juga: Polisi: Egianus Kogoya Ingin Pilot Susi Air Ditukar Senjata dan Uang

1. Egianus cs sudah tidak berada di Nduga

Buru KKB Egianus Kogoya, TNI-Polri Kuasai Paro hingga MapendumaPilot Susi Air saat bersama Egianus Kogoya dan pasukannya. (Dok. TPNPB-OPM)

Kapolda Papua, Irjen Pol Matheus D Fakhiri, mengatakan, saat ini KKB pimpinan Egianus Kogoya yang membawa pilot Susi Air itu sudah bergeser dari persembunyiannya di Distrik Paro, Kabupaten Nduga.

"Mereka sedang bergeser dan kita telah sampai di titik itu. Kami sedang menunggu," kata Mathius di Hotel dan Resto Cendrawasih 66 Timika, Mimika, Papua Tengah, Kamis (23/2/2023). 

Baca Juga: Mahfud: TNI-Polri Hampir Kepung KKB untuk Bebaskan Pilot Susi Air

2. Kapolda akan bertemu pimpinan satuan

Buru KKB Egianus Kogoya, TNI-Polri Kuasai Paro hingga MapendumaKapolres Nduga, AKBP Rio Alexander P bersama pasukan TNI Polri saat melaksanakan patroli, IDN Times/ Istimewa

Kapolda mengungkapkan, pihaknya akan bergabung dengan satuan yang bertugas di Nduga untuk mempersiapkan langkah yang akan diambil pihak TNI-Polri dalam perburuan ini.

"Dalam waktu dekat, saya akan bergabung dengan satgas yang sudah ada di sana. Hari ini mereka sedang melakukan TFG karena setiap lokasi kita mempersiapkan secara cermat," ungkap Fakhiri.

Baca Juga: KKB Bakar Rumah dan Kontak Tembak dengan TNI-Polri di Ilaga

3. Siapa saja yang bersama kelompok Egianus akan dilakukan penegakan hukum

Buru KKB Egianus Kogoya, TNI-Polri Kuasai Paro hingga MapendumaKapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, IDN Times/ Istimewa

Mathius mengatakan, saat ini pasukan TNI-Polri terus melakukan pengawasan ketat terhadap semua pergerakan kelompok Egianus Kogoya.

Ia menegaskan, siapa saja yang berada dengan Egianus Kogoya merupakan bagian dari kelompok tersebut sehingga akan dilakukan penegakan hukum. 

"Mulai dari Paro, Alguru, Mugi dan Mapenduma anggota kita sudah ada di sana," ujarnya.

Baca Juga: Polres Yahukimo Bekuk Yentinus Kogoya, Buronan Pemilik Amunisi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya