Comscore Tracker

Di Timika, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Berjalan Hikmat

Walaupun hujan, upacara tetap dilaksanakan

Timika, IDN Times - Upacara peringatan detik-detik proklamasi yang dilangsungkan di lapangan Kantor Pusat Pemerintahan, Distrik Kuala Kencana, Mimika, Papua, Rabu (17/8/2022) berlangsung dengan hikmat walaupun sempat diguyur hujan.

Bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng usai upacara bendera mengatakan, perayaan hari kemerdekaan berlangsung dengan hikmat.

Itu semua, kata dia, karena anugerah sangpPencipta sehingga cuaca di Mimika walaupun hujan, namun tetap dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat di Mimika.

"Hari ini (peringatan HUT RI) sangat luar biasa, kita laksanakan upacara (tidak hujan). Itu karena alam merestui upacara ini," kata Eltinus.

Baca Juga: Kejari Mimika Musnahkan Ribuan Barang Bukti Perkara Inkrah, Ada Peluru

1. Masyarakat Mimika merasakan kemerdekaan walaupun masih banyak kekurangan yang harus dibenahi

Di Timika, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Berjalan HikmatBupati Mimika, Eltinus Omaleng saat menyerahkan bendera kepada pembawa baki untuk di kibarkan IDN Times/ Ricky Lodar

Selain itu, Eltinus juga menyampaikan, saat ini masyarakat Mimika sudah bisa dikatakan merdeka dari berbagai aspek, baik infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi di masa kepemimpinan Omtob. Walaupun, masih ada hal-hal yang juga belum tercapai dalam pelaksanaannya.

"Jadi menyangkut dengan momen perayaan kemerdekaan dan pencapaian pembangunan di Mimika itu, kita sudah mencapai tujuan visi-misi kita," kata Eltinus.

2. Program pemerintah berjalan dengan baik dan menyentuh masyarakat

Di Timika, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Berjalan HikmatBupati dan wakil bupati Mimika bersama forkopimda saat foto bersama usai upacara peringatan detik-detik proklamasi IDN Times/ Ricky Lodar

Eltinus mengungkapkan, apa yang menjadi program pemerintah telah berjalan sejak ia memimpin Mimika tahun 2018 lalu dan juga periode lalu, yang mana dari aspek pendidikan banyak perubahan dilakukan di sekolah-sekolah, begitu juga kesehatan, pelayanan dari kampung ke kampung sudah dilakukan didukung dengan fasilitas dan tenaga kesehatan yang selalu siap melayani masyarakat.

Tidak kalah penting, pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mimika sangat berkembang pesat, di mana di awal periode Omtob, pembangunan mulai terlihat setelah pelebaran jalan sepanjang 43 Km dari pertigaan gereja Katedral sampai di Check point Kuala Kencana. Lorong-lorong masuk di dalam Kota Timika, juga tidak luput dari pengaspalan.

"Seperti pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, kita sudah mencapai itu, akhirnya tinggal dua tahun lagi masa jabatan saya," ungkap Eltinus. 

Baca Juga: Mengenal Kuala Kencana, Kota Modern di Timika Papua  

3. Honorer Mimika gelar aksi demo, Indonesia sudah merdeka tapi honorer belum

Di Timika, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Berjalan HikmatPuluhan pegawai honorer yang sudah mengabdi diatas 5 tahun menggelar aksi demo usai upacara bendera, IDN Times/ Ricky Lodar

Usai upacara peringatan hari kemerdekaan, sejumlah perwakilan honorer 600 Kategori II menggelar aksi demo di depan tamu undangan upacara bendera.

Dalam orasinya, mereka menyampaikan saat ini Indonesia sudah 77 tahun merdeka, namun honorer di Kabupaten Mimika belum merdeka. Itu karena nasib mereka dianggap tidak diperhatikan.

Banyak honorer yang sudah mengabdi di atas 5 tahun, namun tidak kunjung diangkat menjadi ASN. Sementara ada pegawai yang baru mengabdi tak sampai setahun, tetapi sudah diangkat menjadi ASN.

"Indonesia sudah merdeka, tapi kami (honorer) belum merdeka. Merdeka, merdeka, merdeka," teriak Edo Soway salah satu honorer.

Sementara itu, menanggapi aksi demo, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengatakan, demo yang dilakukan tidak tepat, karena saat ini masyarakat sedang fokus pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

"Aksi demo itu tidak ada urusan dengan kemerdekaan, kita fokus ke upacara kemerdekaan, aksi demo di saat upacara itu melanggar," tegasnya.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya