Dua Anggota KKB Ditangkap Saat Mau Bobol Rumah Warga di Nabire

Seorang pelaku adalah anggota inti Kasad West Papua

Timika, IDN Times - Dua orang yang diduga sebagai anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) berhasil ditangkap di Nabire.

Keduanya ditangkap warga dan diserahkan kepada polisi saat kedapatan melakukan aksi pencurian di permukiman warga di Jalan Sinak Atas Kelurahan Girimulyo, Kabupaten Nabire, Jumat (21/10/2022) dini hari, sekitar pukul 02.30 WIT.

1. Berawal dari laporan warga yang telah mengamankan dua pelaku pencurian

Dua Anggota KKB Ditangkap Saat Mau Bobol Rumah Warga di NabireSeorang anggota KKB saat diamankan Polisi, IDN Times/ Istimewa

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal membenarkan penangkapan dua anggota KKB atau TPNPB di Nabire.

Penangkapan tersebut karena ada laporan dari masyarakat yang telah mengamankan dua orang pelaku pencurian, saat tengah melaksanakan ronda malam.

“Sekira pukul 02.15 WIT telah mengamankan dua orang yakni MD dan AT yang dicurigai sebagai pelaku pencurian saat sedang melaksanakan jaga pada pos ronda Girimulyo,” ucap Kamal, Jumat (21/10/2022) dini hari.

Baca Juga: 20 Orang KKB Beraksi Lagi, Cegat dan Pukuli Warga Pakai Popor Senjata

2. Polisi temukan linggis, kunci-kunci dan 1 kartu keanggotaan TPNPB

Dua Anggota KKB Ditangkap Saat Mau Bobol Rumah Warga di NabireBarang bukti yang diamankan polisi, IDN Times/ Istimewa

Kamal mengatakan, pada saat dilakukan penggeledahan, ditemukan alat-alat yang dicurigai dipergunakan untuk melakukan pencurian berupa sebuah linggis, serta kunci-kunci di dalam tas kedua orang yang dicurigai sebagai pelaku pencurian tersebut.

Saat digeledah, warga juga menemukan 1 buah kartu keanggotaan TPNPB Panglima tertinggi angkatan darat bangsa melanesia West Papua New Guinea dari salah satu pelaku berinisial MD.

“Saat dompet milik MD diperiksa, terdapat 1 buah kartu keanggotaan TPNPB Panglima tertinggi angkatan darat bangsa melanesia West Papua New Guinea,” ucapnya.

3. MD diduga anggota inti Kasad WP pangkat Soldat Satu

Dua Anggota KKB Ditangkap Saat Mau Bobol Rumah Warga di NabireSeorang anggota KKB saat diamankan polisi, IDN Times/ Istimewa

Dikatakan, MD diduga merupakan anggota inti Kasad West Papua bangsa melanesia dengan pangkat soldat satu di kesatuan angin tengah kelompok TPNPB Panglima tertinggi angkatan darat bangsa melanesia West Papua New Guinea dengan Komandan Tiup Jemmy M Yogi (Brikjen Inf NBP NO 01 Pangkasad TPNPB Sorong – Merauke).

Saat ini kedua orang tersebut telah diamankan di rutan Mapolres Nabire guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Sat Reskrim Polres Nabire. 

"Keduanya dalam pemeriksaan Satuan Reskrim Polres Nabire," kata Kamal. 

Baca Juga: KKB Papua Tembak Mati 4 Pekerja, Kapendam Mendidih: Kita Basmi!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya