Kapal Mutia Ladjoni 7 Hilang Kontak, SAR Ungkap Kondisi Terbaru

Mati mesin dan terapung-apung di laut Aru

Timika, IDN Times - Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika bersama tim SAR Dobo melakukan pencarian terhadap sebuah kapal KM Mutia Ladjoni 7 yang berlayar dari Merauke tujuan Bontang, sejak Rabu (9/11/2022) lalu, namun dikabarkan hilang kontak di perairan laut Aru.

KM Mutia Ladjoni 7 yang bertolak dari Merauke direncanakan tiba di Dobo, Maluku pada Jumat (11/11/2022) lalu, untuk melakukan pengisian BBM. Namun ketika itu kapal tersebut tak kunjung sampai. Dari pantauan GPS tracking, pergerakan kapal hilang kontak di sekitar perairan laut Aru.

1. Pendalaman informasi dari nelayan Dobo

Kapal Mutia Ladjoni 7 Hilang Kontak, SAR Ungkap Kondisi TerbaruRute kapal KM Mutia Ladjoni 7, IDN Times/ Istimewa

Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika yang mendapat informasi tersebut kemudian melakukan koordinasi dan pendalaman bersama Lanal Timika, SAR Merauke, SAR Ambon, Bakamla Merauke, Polres Mimika, serta pihak lain untuk memastikan kebenaran informasi tersebut.

Setelah melakukan pendalaman informasi, juga diperoleh informasi dari para nelayan yang mencari di perairan Dobo, jika mereka sempat melihat keberadaan Kapal KM Mutia Ladjoni 7, namun koordinasi terputus karena masalah komunikasi.

"Setelah menerima informasi tersebut, kami langsung berkoordinasi dengan SAR, baik di Merauke, Timika dan Dobo," kata Kepala Kantor SAR Timika, George Mercy L Randang, Selasa (15/11/2022). 

2. Tim gabungan diberangkatkan lakukan pencarian

Kapal Mutia Ladjoni 7 Hilang Kontak, SAR Ungkap Kondisi TerbaruTim SAR gabungan saat akan melakukan pencarian Kapal KM Mutia Ladjoni 7, IDN Times/ Istimewa

SAR Timika lalu berkoordinasi dengan Kepala SAR Ambon terkait dukungan bantuan pencarian lewat Tim Unit Siaga Kepulauan Aru serta penguatan potensi SAR Dobo untuk membantu pencarian dan evakuasi Kapal KM Mutia Ladjoni 7.

Unsur SAR Gabungan dari Dobo menggunakan KM Tarangan milik Perhubungan Pemda Kepulauan Aru dengan tim SAR gabungan, di antaranya Unit Siaga SAR Kepulauan Aru, Lanal Kepulauan Aru, Polairud Polda Maluku, Polairud Polres Aru, BPBD Kepulauan Aru, serta kru KM Tarangan diberangkatkan untuk misi pencarian tersebut.

"Kami berkoordinasi untuk melakukan pencarian dan evakuasi korban," kata George. 

Baca Juga: Nelayan Lamongan Hilang Usai Perahunya Ditabrak Kapal

3. Tim SAR gabungan berhasil temukan KM Mutia Ladjoni 7

Kapal Mutia Ladjoni 7 Hilang Kontak, SAR Ungkap Kondisi TerbaruTim SAR gabungan berhasil menemukan Kapal KM Mutia Ladjoni 7 beserta krunya, IDN Times/ Istimewa

Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Senin (14/11/2022) kemudian menerima informasi dari Koordinator Pos Unit Siaga SAR Kepulauan Aru, bahwa Kapal KM Mutia Ladjoni 7 yang hilang kontak berhasil ditemukan oleh Tim SAR gabungan pada pukul 18.50 WIT, dengan kondisi mati mesin dan terapung-apung di laut Aru.

Sementara semua kru kapal ditemukan dalam keadaan selamat. Para korban disebut kemudian dievakuasi ke Dobo, pada hari ini Selasa (15/11/2022). Sementara 2 kru kapal, yaitu Nakhoda Tri Sulfikar, dan Mualim II Isnomo dibawa ke RSUD Dobo untuk mendapat perawatan medis karena sakit.

Menurut rencana, kapal KM Mutia Ladjoni 7 ini direncanakan akan ditarik ke Dobo. "Kru kapal KM Mutia Ladjoni 7 berhasil dievakuasi, 2 orang dibawa ke RSUD untuk mendapat perawatan karena sakit," ungkapnya. 

Baca Juga: Kapal Tenggelam di Selat Makassar, 4 KRI Dikerahkan Cari ABK Hilang

4. Berikut daftar nama kru KM Mutia Ladjoni 7

Kapal Mutia Ladjoni 7 Hilang Kontak, SAR Ungkap Kondisi TerbaruKru Kapal KM Mutia Ladjoni 7 yang berhasil ditemukan, IDN Times/ Istimewa

Daftar nama kru KM Mutia Ladjoni yang hilang kontak:

1. Tri Sulfikar (Nakhoda)
2. Andika Ultra Indra (KKM) 
3. Stefanus Salabia (Mualim I)
4. Samsuddin (Mualim II)
5. Isnomo (Masinis II)
6. Rustan (Masinis III)
7. Wahyu Setiawan Ar (Juru Mudi)
8. Andhika (Juru Mudi)
9. Rudi (Juru Minyak)
10. Muhammad Harun (Koki)
11. Igmnasio Alfret Yakelan (Pelayan)
12. Sultan (Kadet Mesin)
13. Pebryan (Kadet)

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya